DPRD Kotim Dorong Percepatan Penyerapan Anggaran

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Rudianur.

SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H Rudianur mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 secara maksimal dalam dua bulan terakhir ini.

Ia mengatakan, khusus dalam hal pekerjaan fisik, pasalnya masih banyak yang belum terlaksana padahal sudah tertuang dalam Perda APBD sehingga jangan sampai ada pekerjaan yang tertunda atau tidak terselesaikan dengan baik.

Legislator partai Golkar ini juga khawatir khususnya pekerjaan fisik yang belum dilaksanakan akan berpengaruh kepada kualitas jika pekerjaan dilakukan menjelang akhir tahun anggaran.

BACA JUGA:   Himpaudi Kotim Rancang Program untuk Model Pembelajaran Baru

“Saya harap Pemkab khususnya SOPD di Kotim bisa maksimal dalam penyerapan anggaran. Gunakan untuk kegiatan fisik seperti yang bersifat pemeliharaan dan renovasi ringan kemudian pengadaan barang dan jasa agar jangan sampai diulur. Sehingga apa yang sudah terprogram dan dianggarkan bisa terealisasi sesuai harapan pada saat pembahasan anggaran. Agar di akhir tahun nanti tidak terjadi silva dan laporan keuangan juga bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Rudianur, Sabtu 23 Oktober 2021.

Dirinya meminta agar semua SOPD bertanggung jawab penuh dengan programnya agar bisa terealisasi. Sehingga pada tahun anggaran berikutnya tidak hanya mengurus program yang sama.

BACA JUGA:   Kasus Narkotika Mendominasi Perkara Yang Ditangani Pengadilan Negeri Sampit

Jika anggaran tidak terserap secara maksimal, pastinya akan terjadi silva padahal sudah ada anggaran. Oleh karena itu, waktu untuk bekerja hanya tinggal dua bulan saja, dimana bulan Desember sudah tutup buku untuk segala macam laporan, keuangan pun harus sudah beres.

“Dalam waktu yang singkat ini bisa digunakan secara maksimal dalam bekerja terutama yang bersifat fisik atau pemeliharaan itu harus benar-benar dimaksimalkan selain maksimal juga efisiensi serta kualitas pekerjaan dikerjakan dengan baik,” tegasnya.

(im/beritasampit.co.id).