Jadi Perhatian Jokowi, Pemprov Kalsel Gelar Vaksinasi Massal Saat Festival Budaya

IST/BERITA SAMPIT - Festival Pasar Terapung 2021.

BANJARMASIN – Momen kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jembatan Alalak beberapa waktu lalu membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) ekstra kerja keras.

Pasalnya saat berkunjung ke Bumi Lambung Mangkurat, orang nomor satu di Republik ini memberi perhatian dengan capaian vaksinasi Covid-19 yang kurang mencapai target. Tak kehabisan akal Pemprov Kalsel segera melakukan berbagai upaya dan mengejar target yang diinginkan.

Kini tidak hanya fasilitas kesehatan (Faskes) yang melayani vaksinasi Covid-19 namun juga Pemprov Kalsel menggelar vaksinasi massal di sela-sela event budaya. Salah satunya saat rangkaian Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021, pada Sabtu 23 Oktober 2021 vaksinasi massal dilaksanakan di Komplek Perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

BACA JUGA:   Air Sungai Mulai Meluap, Banjarmasin Tetapkan Status Siaga Bencana

Koordinator Vaksinasi Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021, Barlian Permata mengatakan ada 150 dosis dengan dua jenis vaksin berbeda. “50 vaksin AstraZaneca untuk suntikan pertama dan 100 dosis vaksin Sinovac untuk suntikan kedua,” katanya, Sabtu 23 Oktober 2021.

Kata Dia, ini adalah cara untuk mencapai target vaksin yang diinginkan. “Diketahui, Pemprov melalui Dinas Kesehatan Kalsel menarget akhir 2021 capaian vaksinasi sudah berada di angka 70 persen,” ungkap Barlian.

“Jadi saya harapkan setiap momen atau event apapun akan dilakukan vaksin agar segera tercapai harapan Pak Jokowi,” tegasnya.

Terpisah Analisis Anggota Tim Pakar Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Hidayatullah Muttaqin mengatakan, kalau metode yang dilakukan Pemprov Kalsel sudah berhasil.

BACA JUGA:   Dua Tahun Lawan Covid-19, Kalsel Kini Nol Penderita Baru

“Di samping perbaikan situasi Covid-19, penegakan Prokes, capaian vaksinasi Banjarmasin ternyata juga mengalami perbaikan dari 52 persen dosis 1 dan 31 persen dosis 2 pada 4 Oktober dari target menjadi 59 persen untuk dosis 1 dan 38 persen dosis 2 pada 18 Oktober,” jelasnya.

Sementara itu, Erna salah satu warga yang berkunjung di even Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 mengaku senang. “Hal seperti ini yang saya inginkan, kita bisa sambil melihat keindahan festival tapi juga divaksin jadi tidak membosankan,” pungkas Erna. (Mery/beritasampit.co.id).