Penumpang di Pelabuhan Trisaksti Wajib Sertakan Hasil Swab

IST/BERITA SAMPIT - Kapolsek KPL Banjarnasin AKP Aryansyah saat bagikan masker

BANJARMASIN – Turunnya PPKM di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada level 2, nampaknya tidak berarti pada kegiatan Posko PPKM di Terminal Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Sebab saat ini patugas tetap melakukan pengecekan administrasi atau dokumen kesehatan penumpang seperti hari biasa.

Hal ini diungkapkan Kepala Polsek KPL Banjarmasin, AKP Aryansyah, bahwa hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi masuknya Covid-19 dari luar Kalsel, ” ungkapnya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Menurut dia, prediksi adanya gelombang ke-3 yang diperkirakan terjadi pada Desember 2021.

“Jadi belum tahu sampai kapan, tapi kami bersama rekan KSOP, Pelindo, TNI AL dan rekan-rekan yang tergabung dalam posko harus selalu siap, “ucapnya.

Dengan turunnya level PPKM di Banjarmasin serta turut mencegah kenaikan kasus Covid-19, pihaknya mengimbau agar para pelaku perjalanan, tetap melengkapi dokumen kesehatan.

“Harus tetap melengkapi dokumen kesehatan saat bepergian, meski Banjarmasin saat ini sudah turun ke level 2,” jelasnya.

Posko PPKM sendiri, berfungsi melakukan pemeriksaan dokumen para penumpang kapal, baik yang ingin berangkat maupun yang datang dari Surabaya. Pemeriksaan diprioritaskan kepada penumpang yang datang, mereka wajib menunjukkan surat keterangan sudah bervaksin minimal dosis pertama.

“Kemudian jika tidak ada swab PCR, minimal rapid antigent. Mau mereka datang jam berapapun akan kami periksa satu persatu, “tegas Kapolsek.

Selain itu Posko PPKM di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin juga terdapat ruang isolasi penumpang sementara.

Ruang itu, jelasnya, berfungsi untuk menampung penumpang yang diduga terkonfirmasi positif Covid-19.

(Mery/beritasampit.co.id)