Dewan Sarankan Alat Pemadam Kebakaran Ditambah

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menilai jika alat pemadam kebakaran yang ada di Kabupaten Seruyan perlu dilakukan penambahan mengingat di wilayah itu sendiri rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Penambahan alat pemadam kebakaran tersebut dinilai penting khususnya untuk wilayah pelosok atau pedesaan yang banyak terjadi kebakaran lahan,” kata Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko, Senin, 25 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Masuki Musim Tanam, Legislator: Perlu Adanya Upaya Atasi Meningkatnya Debit Air di Lahan Pertanian

Menurutnya, dengan tersedianya fasilitas alat pemadaman disetiap desa, tentu bisa menarik peran dari masyarakat untuk bersama-sama terlibat dalam memadamkan api di wilayah setempat.

Penambahan alat pemadam kebakaran tersebut seperti mesin pompa air dan lainnya dinilai penting terutama bagi masyarakat yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) II Seruyan yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk
Maka dari itu, instansi terkait bisa merealisasikan penambahan mesin pompa air maupun alat pemadam lainnya untuk mencegah serta menanggulangi bencana karhutla di wilayah setempat.

BACA JUGA:   Program Pembinaan Sektor Peternak Sangat Penting Dilakukan

“Efek dari karhutla ini luar biasa sekali, mulai dari kabut asap dan lain lain. Makanya kita harus terus melakukan upaya agar masalah karhutla ini bisa diminimalisir,” imbuhnya.