Verifikasi RKA-SKPD Pemkab Kobar Selesai, Sekda: Benar-benar Melaksanakan Visi Misi Bupati 2017-2022

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Suyanto, SH., MH.

PANGKALAN BUN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Suyanto mengatakan seluruh Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) Pemerintah Kabupaten Kobar baru selesai melakukan tahapan proses verifikasi RKA-SKPD.

“Prinsipnya verifikasi dilakukan untuk menjamin berjalannya konsistensi perencanaan dan penganggaran. Sehingga RKA-SKPD benar-benar melaksanakan VISI MISI Bupati 2017-2022, sebagaimana tertuang RPJMD, RKPD, Restra SKPD, Renja SKPD. Selain itu juga untuk memenuhi ketentuan Permendagri tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2022,“ kata Suyanto, Senin 25 Oktober 2021.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kobar, Rochim Hidayat saat dikonfirmasi mengatakan, hasil verifikasi RKA-SKPD nantinya akan menjadi dasar APIP melakukan review RKA SKPD 2022.

BACA JUGA:   Disperindag Kobar Dukung PT. Irvan Prima Pratama Ekspor Perdana Ilmenite Sand ke Cina

“Setelah menyusun Rancangan APBD 2022, maka selanjutnya akan diajukan ke DPRD untuk dibahas secara bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kobar untuk mendapatkan persetujuan bersama,” terang Rohim.

Sebelumnya, kata Dia, SKPD telah melaksanakan verifikasi RKA-SKPD 2022. Verifikasi dilaksanakan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kobar bersama SKPD.

Rapat tahapan proses verifikasi dipimpin Sekda Suyanto selaku Ketua TAPD dan Kepala BPKAD Rochim Hidayat selaku Wakil Ketua TAPD beserta unsur TAPD yang terdiri dari aparatur pada BPKAD, Bappeda, Bapenda dan inspektorat.

BACA JUGA:   Dewan Dukung Pergantian Nama Bundaran "Monyet" di Kumai

Tujuannya, verifikasi dan sinkronisasi RKA SKPD 2022 sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan serta penelaahan kesesuaian antara RKA-SKPD dengan kebijakan umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2022.

“Harapan saya, setelah melalui tahapan verifikasi RKA-SKPD yang dilanjutkan dengan proses Ranperda APBD 2022, semoga dalam pembahasan lebih lanjutnya berjalan dengan baik dan lancar,“ pungkas Rohim Hidayat. (Man/beritasampit.co.id).