Diskop UKM Kalteng Pacu Peningkatan Keterampilan dan Kreativitas Perajin di Barito Selatan

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kalimantan Tengah, Ati Mulyati berfoto bersama pada acara pelatihan vokasional anyaman di Barito Selatan, di Buntok, Selasa 26 Oktober 2021.//Ist-ANTARA/Bayu Ilmiawan;

BUNTOK – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Tengah, memacu peningkatan keterampilan dan kreativitas perajin di Kabupaten Barito Selatan melalui pelatihan vokasional anyaman.

Pelatihan dilaksanakan dengan sistem jemput bola ke setiap kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah dan untuk di Barito Selatan diberikan pelatihan vokasional kerajinan rotan.

Kepala Diskop UKM Kalteng, Ati Mulyati, di Buntok, Selasa 26 Oktober 2021 mengatakan, peningkatan ketrampilan dan kreativitas dilakukan agar produk yang dihasilkan para perajin bisa menjadi lebih baik dari sisi kualitas maupun motif yang menarik. Menurut dia, dengan kualitas dan motif yang menarik, maka akan meningkatkan nilai jualnya.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Pantau Potensi Pertanian dan Perikanan di Dua Kabupaten

“Pelatihan ini untuk meningkatkan SDM pelaku usaha di daerah ini. Pelatihan yang dilaksanakan ini agar produk yang dihasilkan bisa menembus pasar nasional, bahkan pasar internasional,” kata Ati Mulyati, dikutip dari Antara,

Dalam pelatihan vokasional yang dilaksanakan tersebut, pihaknya menggandeng instruktur profesional yang berpengalaman dari Palangka Raya guna memberikan pelatihan kepada perajin anyaman.

“Kami sudah menjalin komunikasi dengan Koperasi Wanita Indonesia yang siap membantu memasarkan hasil produk kerajinan dari Kalimantan Tengah. Melalui pelatihan yang dilaksanakan ini agar para perajin anyaman rotan di Barito Selatan lebih maju lagi,” ujarnya.

BACA JUGA:   2 Kader Golkar Resmi Dilantik Sebagai PAW Wakil Ketua dan Anggota DPRD Barsel

Untuk jumlah peserta yang mengikuti pelatihan di Barito Selatan sebanyak 30 orang dan pelatihan dilaksanakan dari 25-29 Oktober 2021.

Peserta berasal dari sejumlah desa maupun kelurahan yang ada di Barito Selatan, seperti Desa Danau Sadar, Kelurahan Jelapat, Kelurahan Mangkatip, Desa Patas, Pararapak, Pamangka dan Tetei Lanan.

(Ant/BS-65/beritasampit.co.id)