PPLIPI Dorong Kemandirian Perempuan di Kotim

ILHAM/BERITA SAMPIT - Ketua 1 DPC PPLIPI Kabupaten Kotim Masniah, saat memberikan sambutannya dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW, yang digelar di Sekretariat DPC PPLIPI Kotim. Selasa 26 Oktober 2021.

SAMPIT – Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), terus mengembangkan sayapnya dalam upaya meningkatkan partisipasinya serta mendorong kemandirian kaum perempuan dalam berbagai bidang.

Kini organisasi perempuan tersebut telah ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, dengan jumlah anggota mencapai sekitar 50 orang yang tergabung dalam berbagai profesi.

“Sebenarnya organisasi ini dibentuk sejak tahun 2017, cuman untuk di Kalimantan Tengah dan Kabupaten baru akan dibentuk. Dan di Kotim saat ini telah dibentuk dan tidak lama lagi akan dilaksanakan pelantikan oleh Ketua dari DPP PPLIPI,”kata Ketua I DPC PPLIPI Kotim Masniah, disela-sela kegiatan Maulid Nabi SAW yang digelar organisasi ini yang bermarkas di jalan Suprapto Selatan kota Sampit, Selasa 26 Oktober 2021.

Meski sebagai organisasi yang baru di Kotim, PPLIPI sendiri memiliki tekat kuat menjadikan wadah inovasi kreatif dalam pembinaan dan mengayomi para UMKM perempuan yang ada di daerah ini.

BACA JUGA:   Tahun 2023 Bangunan Eks Akper Kotim Ditargetkan Terlaksana Sebagai Rumah Sakit Jiwa

“Kami organisasi yang baru dibentuk, tapi kami ingin organisasi kami pun tampil dan juga diakui didalam kepengurusan GOW di Kotim. Saat ini banyak dari anggota kepengurusan dari kami merupakan pelaku UMKM, akan tetapi para pelaku usaha ini seperti ini belum dibentuk dalam satu wadah, makanya dibentuknya PPLIPI ini bisa menjadi tempat menaungi, mengayomi dan melaksanakan apa yang sudah dilaksanakan oleh para anggota UMKM ini,”terangnya.

Masniah memaparkan, sebagian besar anggota yang tergabung merupakan pelaku UMKM, namun sesuai dengan motonya PPLIPI, yang mana profesi apa pun bisa bergabung di organisasi ini baik itu dari ASN, Pengusaha, Politikus, Ibu Rumah Tangga dan lain sebagainya.

“Mudah-mudahan kedepannya ada jalan bisa bekerjasama dengan koperasi maupun Dinas instansi terkait. Pada intinya organisasi ini menyantuni program yakni untuk UMKM, Sosial Kemasyarakatan dan Keagamaan, yang didalamnya nanti juga ada kepengurusan Alzahrah,”ujarnya.

BACA JUGA:   Wakil Ketua I DPRD Puji Camat Se-Kotim

“Kita siap menjalankan peran sebagai organisasi lintas profesi yang mandiri serta menjadi wadah Inovasi Kreatif para UMKM perempuan di Kotim. Meski semua bisa masuk, namun saya menekankan organisasi ini tidak bertujuan untuk partai politik didalamnya,” tutupnya.

Sementara itu, pada kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad SAW yang digelar DPC PPLIPI Kotim, berjalan dengan penuh hikmat dengan dihadiri perwakilan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di kota Sampit.

Sebagai penceramah, pihak penyelenggara mendatangkan langsung Ustaz Maki dari Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Dalam siraman rohaninya, Ustaz Maki mengajak kepada para undangan yang hadir untuk bersikap jujur dalam berumah tangga seperti halnya yang dilakukan rasulullah.

Kemudian, Ustaz Maki juga mengingatkan dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebagai kaum perempuan juga harus bisa bersikap bijak dalam mengikuti kemajuan zaman, salah satunya dalam hal bermedia sosial.

(Cha/beritasampit.co.id)