Bupati Barsel Ajak Pemuda Bersatu dalam Pembangunan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri.ST, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali saat upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-93 dihalaman Kantor Bupati Barsel.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri mengungkapkan bahwa sejarah telah membuktikan bahwa pemuda merupakan agen perubahan (Agent Of Change) di Indonesia dari masa kemasa juga sebagai penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahrga Republik Indonesia Zainudin Amali saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021. Kamis, 28 Oktober 2021 bertempat dihalaman Kantor Bupati Barsel.

Dikatakannya, pada tahun 1908 pendiri pergerakan Budi Utomo sebagai momen kesadaran kebangsaan dan embrio perkumpulan pemuda kemudian pada tahun 1926 kongres pemuda pertama serta pada tahun 1928 momentum sumpah pemuda untuk persatuan bangsa.

BACA JUGA:   Desa Murung Paken Harapkan Bantuan PLTS

“Pada tahun 1945 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 1966 Tritura dan tahun 1998 Reformasi. Sehingga semua, momen penting tersebut merupakan hasil karya, komitmen dan dedikasi para pemuda indonesia,”Jelasnya.

Momentum-momentum bersejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia, bisa diraih yakni dengan modal persatuan para pemuda ditengah berbagai keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Persatuan menjadi syarat mutlak, sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan karena kedepan tantangan bagi bangsa Indonesia khususnya pemuda tentunya tidak semakin mudah,”ungkapnya.

Ditambahkannya, meskipun demikian dengan komitmen bersatu dalam keberagaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa indonesia kedepannya.

BACA JUGA:   PN Buntok Launching Aplikasi Online HADAPI, Ini Manfaatnya

“Persatuan bangsa indonesia sejak 93 tahun lalu, merupakan bukti bersatunya pemuda Indonesia dan tanpa adanya persatuan pemuda bangsa Indonesia tidak kita nikmati pada hari ini,”Pungkas Eddy Raya Samsuri.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 tersebut, para pemuda dan pemudi yang berpakaian adat dari sejumlah daerah di Indonesia mengucapkan ikrar sumpah pemuda.

Kegiatan tersebut juga dihadiri unsur Forkopimda, seluruh Kepala SOPD, organisasi kepemudaan yang diantaranya DPD KNPI Barsel, Pemuda Pancasila serta organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Kabupaten Barsel.

(Ded/beritasampit.co.id)