Di Acara Maulid, UMKM Disebut Pondasi Menguatkan Ekonomi

PENYERAHAN :IST/BERITASAMPIT - Ketua API UMKM, Nur Firmansyah (kiri) saat menyerahkan oleh-oleh dari para pelaku UMKM kepada Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Jumberi (kanan).

SAMPIT – Keluarga Besar Aliansi Penggerak Industri dan Usaha Mirkro Kecil Menengah (API UMKM), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), melaksanakan peringatan hari besar islam yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Jalan Pemuda, Sabtu 30 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Nur Firmansyah selaku Ketua API UMKM Kotim mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang sampai detik ini masih mendukung para pelaku UMKM untuk maju dan berkembang, baik dari sisi program maupun secara langsung membeli produk produk lokal buatan asli daerah ini.

“Pelaku UMKM adalah pondasi dasar kekuatan ekonomi daerah, oleh karena itu dukung terus pelaku-pelaku UMKM kita untuk maju dan berkembang dan naik juga kelasnya,” kata Nur Firmansyah, 30 Oktober 2021.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini para pelaku UMKM yang berada dalam binaan API UMKM sebanyak 120 orang anggota. Program mereka saat ini adalah fokus untuk pembuatan perizinan bagi para pelaku UMKM, karena izin usaha merupakan identitas penting dan bentuk pengakuan secara tertulis bahwasanya produk tersebut layak di konsumsi oleh umum.

BACA JUGA:   Kios Pulsa di Sampit Jadi Langganan Pencuri, Pelaku Terekam Kamera CCTV

Sementara itu pihak pemerintah daerah yang diwakili oleh sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kotim H.Jumberi yang bertindak sebagai juru bicara mengatakan bahwa pemerintah daerah siap bersinergi untuk membantu dan menaikan kelas para pelaku UMKM.

“Dan tentunya untuk meraih hal itu diperlukan kerjasama semua pihak, untuk kita bisa membangkitkan kembali sektor ekonomi,” katanya.

Ditempat yang sama Ketua Kamar Dagang Industri, Susilo juga menyampaikan. Giat UMKM dalam peringatan maulid itu semoga bisa berlanjut di tahun depan dan lebih meriah lagi. Dan kedepannya bisa tetap melakukan silaturrahmi akbar sesama pelaku UMKM dan saran sharing bersama demi kebaikan UMKM Di Kotim.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Sampit Kembangkan Program Literasi, Libatkan Orang Tua Siswa Secara Aktif

Selanjutnya penceramah H. Samsudin dalam isi tausiahnya berpesan sudah seharusnya kita bermuhasabah diri meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Menjaga Akhlakul Karimah dan menjauhi akhlakul majmumah, seperti yang telah di wasiatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang di utus untuk menyempurnakan akhlak.

Diakhir kegiatan Maulid API UMKM melakukan penyerahan oleh-oleh dari para pelaku UMKM Kepada para undangan berupa produk asli buatan mereka masing-masing.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh pihak Dinas Kominfo, Dinas Koperasi UKM dan Disnaker. Selain itu dari pihak swasta dihadiri oleh Bank Kalteng dan Bank BRI Sampit. Serta seluruh member dan perkumpulan UMKM lainnya.
(im/beritasampit.co.id).