Mancing Udang Galah Dapat Motor, Bupati : Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Kobar Hj Nurhidayah disaksikan HM.Ruslan AS, saat menyerahkan hadiap speda motor kepada Hancuy Fhinishing Kobar pemenang Lomba.

PANGKALAN BUN – Setelah 600 mata kail dari para peserta Lomba Mancing Udang Galah Bupati Cup II-2021, ditenggelamkan akhir Horeee Hancuy dari Finisihing Mania Kobar, dapat hadian Sepeda Motor dari Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

“Itu 2,07 ons yang paling berat, kalau 2,07 Kg bisa 5 udang galah, itu kan hanya 1 udang galahnya. Dan memang saat ini air besar, dalam artian airnya tinggi karena sering hujan, dan saat ini bukan musim udang galah ,” kata Riady Jagur, salah seorang peserta lomba mancing.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sukses menggelar Lomba Mancing Udang Galah Bupati Cup II, dalam merayakan hari ulang tahun (HUT) Kobar ke 62 tahun 2021.

Start dan finish lomba mancing udang galah di mulai di kawasan area Water Fron City (WTC), Kelurahan Mendawai, pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Para peserta menuju spot memancing menggunakan kelotok yang sudah disiapkan oleh panitia dan dimulai sejak pukul 07.00 – 15.00 WIB.

Sekitar 600 peserta dari 200 tim yang berasal dari Kobar, serta kabupaten tetangga, seperti Kotim, Sukamara, Lamandau dan Kalbar, bahkan dari luar daerah yaitu Medan Sumatera Utara, ikut berpartisipasi memeriahkan lomba mancing udang galah.

Bupati Kobar Hj.Nurhidayah menyampaikan bahwa ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Kobar ke 62, tentunya kegiatan cukup luar biasa dengan melihat antusiasnya para penghobi mancing atau biasa disebut mancing mania dalam mengikuti lomba.

“Alhamdullilah, Ibu juga ikut mancing dengan Bapa dan Ibu cukup bangga, bahwa lomba mancing ini ternyata pesertanya ada yang dari luar pulau Kalimantan. Tentu ini luar biasa ya,” kata Nurhidayah.

Lanjutnya, bahwa melalui lomba mancing udang galah ini, sekaligus sebagai wadah untuk mempromosikan daerah Kotawaringin Barat, dan juga sebagai ajang menjaga ekosistem udang galah Kobar.

“Juga dalam even ini, ibu mengajak kepada masyarakat untuk meningkatkan pelestarian sungai, khususnya dilarang warga untuk menyeturm ikan di sungai, karena kalau diestrum semua habitat yang hidup didalam sungai mati,” tegas Bupati.

” Sekali lagi Ibu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan sehingga terselenggaranya lomba mancing ini, dan Alhmdulillah semua berjalan aman dan lancar, dan tetap mematuhi protocol kesehatan,” pungkasnya.

(Man/beritasampit.co.id ).