DPRD Kotim Minta Pemkab Bantu Pemulihan Sektor UMKM

Anggota Fraksi PDIP yang juga Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Agus Seruyantara (kiri) berfoto saat menerima kunjungan pengurus API UMKM Kotawaringin Timur, Rabu 3 November 2021.//Ist-ANTARA/DPRD Kotim;

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Kotawaringin Timur (Kotim), diminta membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kembali bangkit sebagai bagian dari pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Kotim, Agus Seruyantara, berharap pemerintah daerah lebih serius membantu sektor UMKM agar dapat kembali bangkit. Sebab kontribusi sektor UMKM sangat besar terhadap perekonomian masyarakat. Dengan bangkitnya sector UMKM menurutnya maka pemulihan ekonomi juga lebih cepat.

Hal tersebut diungkapkan Agus Seruyantara saat menerima kunjungan dari Aliansi Penggerak Industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (API UMKM) Kotim, Rabu 3 November 2021.

Organisasi pelaku UMKM juga menyampaikan sejumlah kendala yang masih mereka hadapi. Sejumlah masalah yang menjadi perhatian pelaku usaha ini yaitu terkait produk halal. Selain itu, pelaku UMKM juga berharap kemudahan dalam hal sertifikasi produk lokal sehingga tidak dimanfaatkan atau diklaim pihak orang lain.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Diminta Permudah Izin Pembangunan Mall dan Tidak Melakukan Penyetopan

Agus berharap kendala dan permasalahan ini juga menjadi perhatian pemerintah, khususnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk membantu. Tujuannya agar pelaku UMKM mudah memenuhi persyaratan sehingga bisa mendapatkan sertifikat tersebut.

Politisi yang menjabat Ketua Komisi I ini berharap ini menilai perlu dukungan pemerintah daerah supaya pelaku UMKM semakin mudah mengembangkan usaha. Produk bersertifikat akan mudah merambah pasar modern.

Sektor UMKM perlu terus mendapat dukungan karena menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan. Sektor UMKM juga bersentuhan langsung dengan masyarakat menengah ke bawah yang mendominasi perekonomian daerah.

Program pemulihan ekonomi yang dijalankan saat ini harus mendorong sektor UMKM bangkit karena masih banyak keterbatasan yang dihadapi masyarakat. Perlu upaya konkret dari pemerintah daerah membantu pelaku UMKM supaya kembali bangkit dan mengembangkan usaha.

Sektor UMKM juga perlu dukungan dalam mengakses permodalan. Sinergi pemerintah daerah dengan perbankan sangat diharapkan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM mendapatkan pinjaman modal.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Mengajukan Dana Hibah, Ketua Komisi I DPRD Kotim: Kami Akan Bantu

“Pelaku UMKM perlu dukungan konkret. Jangan sampai di situasi sulit seperti sekarang pelaku UMKM dibebani dengan hal-hal seperti itu. Pemerintah harus membantu. Sektor UMKM ini menyerap banyak tenaga kerja. Kalau sektor ini pulih maka pemulihan ekonomi kita juga semakin cepat,” kata Agus Seruyantara.

Sementara Ketua API UMKM Kotim, Firman, mengatakan kedatangan mereka ke Fraksi PDIP untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi tentang kondisi sektor UMKM di daerah ini. Mereka berharap DPRD membantu memperjuangkan agar UMKM di daerah ini semakin berkembang.

“Kami berharap agar diberi kemudahan dalam mengembangkan usaha, seperti perizinan dan pengurusan sertifikasi produk. Potensi UMKM kita cukup besar dan ini memerlukan dukungan pemerintah agar sektor ini bisa semakin berkembang,” kata Firman.

(Ant/BS-65)