Karasminan Banua, Taman Budaya Kalsel Tampilkan Tiga Dalang Dipergelaran Wayang Kulit

Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti.(ANTARA/Sukarli)

BANJARMASIN – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menampilkan tiga dalang pada pergelaran wayang kulit yang akan ditampilkan pada Jumat 5 November 2021 malam di panggung terbuka Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin.

Kepala Taman Budaya Kalsel, Suharyanti, mengungkapkan, pergelaran wayang kulit Banjar ini dalam rangkaian Karasminan Banua, terbuka untuk umum.

“Boleh masyarakat menonton, tapi harus menaati protokol kesehatan,” kata Suharyanti dikutip dari Antara, Kamis 4 November 2021.

Tiga dalang yang akan tampil bersama itu adalah Dalang Ririt dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Dalang Juju sama dari Kabupaten HST dan Dalang Aprin dari Kabupaten Tapin.

BACA JUGA:   Persoalan Infrastruktur Banyak Dilaporkan Masyarakat Kalsel ke Ombudsman

“Mereka akan menampilkan cerita Sakaki Kembamg Membawa Jodoh,” ungkapnya.

Pergelaran ini juga akan disiarkan langsung di YouTube Taman Budaya, sehingga para pecinta seni wayang bisa menyaksikannya tidak harus datang ke Taman Budaya Kalsel.

“Sebab ini masih masa pandemi COVID-19, meski kasus sudah sangat turun, tapi semua tetap waspada,” ujarnya.

Wayang Kulit Banjar (ANTARA/istimewa)

Taman Budaya Kalsel sudah menggelar pertunjukan seni budaya secara terbuka karena status daerah ini sudah berada di penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

BACA JUGA:   Jelang Nataru, Kapolda Kalsel Perintahkan Buka Gerai Vaksin

“Namun, tentunya tetap dengan kapasitas terbatas, kita menjaga agar penularan virus jangan sampai terjadi,” ucap Suharyanti.

Dia pun menyampaikan, bahwa pembinaan seni budaya terus dilakukan pemerintah provinsi melalui Taman Budaya Kalsel, salah satunya kesenian Wayang Kulit Banjar ini, meski dengan segala pembatasan akibat pandemi COVID-19 ini.

“Semua dapat lancar dilaksanakan, meskipun tidak semeriah sebelumnya,” ujarnya.

(Ant/BS-65)