Bertambah 5 Orang Wartawan Berita Sampit Dinyatakan Berkompeten

KAWIT/BERITA SAMPIT - Wartawan Beritasampit yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 16 di Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke XVI (16) yang diselenggarakan PWI Kalteng di Kota Pangkalan Bun resmi ditutup.

Dari 36 Peserta yang mendaftar 33 orang mengikuti tahapan ujian hingga selesai dari tanggal 03-04 November 2021.

Assesor dari Dewan Pers, Suherlan mengumumkan dari 33 peserta UKW tersebut 4 orang dinyatakan belum berkompeten dan 29 peserta dianggap berkompeten.

Sistem penilaian dilakukan secara terbuka antar penguji dan masing-masing peserta di setiap materi ujian.

“Peserta UKW wajib mendapatkan nilai minimal 70 dari 10 jenis ujian. Bila ada satu saja yang penilaiannya dibawah nilai tersebut, maka yang bersangkutan dianggap belum kompeten,” jelasnya.

BACA JUGA:   Akibat Lupa Mematikan Kompor, Rumah dan Barakan di Gang Cemara Pangkalan Bun Jadi Arang

Meski begitu, ia berharap yang masih belum kompeten tidak patah semangat, namun segera menambah pengetahuan dibidang jurnalistik dan masih ada kesempatan mengikuti UKW lagi 6 bulan kemudian.

Dari 29 orang peserta yang dinyatakan berkompeten, 5 diantaranya merupakan wartawan berasal dari beritasampit (BS).

“Lima peserta yang kami rekomendasikan dari laporannya semua dapat nilai 70-85. Artinya dianggap kompeten,” ujar Pimpinan Redaksi BS, Akhiruddin. Jumat, 05 November 2021.

Pihaknya juga terus berupaya memenuhi aturan-aturan yang dikeluarkan pemerintah dan dewan pers sebagai kepatuhan hukum dalam menjalankan tugas-tugas jurnalis.

BACA JUGA:   Panen Massal di PT AKPL, Warga Bermalam Hingga Buka Warung di Lokasi

Dari legalitas hukum, kepatuhan pajak, hak karyawan dan terverifikasi dewan Pers hingga mendorong wartawan profesional mengikuti semua jenjang UKW.

“BS akan selalu berbenah untuk menjawab tantangan-tantangan media di era kekinian, penambahan 5 orang wartawan dinyatakan kompoten, menjadi komitmen media BS bisa lebih profesional,” tutupnya.

Untuk diketahui berikut nama-nama wartawan BS yang peserta UKW yaitu Maulana Kawit (Katingan), Ibrahim (Sampit), Rahmat Jimmy (Sampit), Ahmad (Seruyan) dan Andre (Lamandau).

(Kawit/Beritasampit.co.id)