Penanganan Bencana Perlu Kesigapan Bersama

IST/BERITA SAMPIT- Kondisi banjir di Desa Muara Sumpoi.

PURUK CAHU- Banjir terjadi di beberapa titik di Kabupaten Murung Raya (Mura) khususnya di wilayah bantaran sungai Barito yang menjadi langganan banjir yang diakibatkan karena intensitas dan curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan ini.

“Dalam hal terkait penanganan banjir perlu kesiapsiagaan kita bersama dalam dukungan kita terhadap masyarakat, keselamatan masyarakat yang terpenting,” ungkap H. Fahriadi anggota Komisi III DPRD Mura, Jumat 5 November 2021.

BACA JUGA:   Masih Banyak Desa di Mura Blank Spot, Pemda Harus Fokus Programkan

Menurut Politisi Partai Nasdem itu memang dibutuhkan koordinasi secara menyeluruh terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar langkah-langkah penanganan lebih terintegrasi dan terinventarisasi.

“Dalam penanganan banjir seperti sekarang ini saya minta BPBD setempat dapat mempersiapkan mulai dari penanganan pra banjir, tahap dan pasca banjir. tentunya hal itu perlu kesiapan dalam penanganan dampak banjir yang bisa saja mengakibatkan terputusnya arus transportasi atau terisolasi,”pintanya.

BACA JUGA:   ASN Harus Tetap Semangat dan Fokus Tingkat Kinerja di 2022

Sementara itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bencana banjir dan tanah longsor menyusul curah hujan tinggi.

“Peringatan kewaspadaan itu guna mengurangi risiko kebencanaan, kewaspadaan bencana banjir dan longsor itu setelah informasi dari BMKG mengeluarkan peringatan dini memasuki fenomena La Nina yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan kilat,”pungkasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)