Nama Sakariyas Masuk Bursa Bacalon Ketua DAD Kalteng, Ini Komentar DAD Katingan!

IST/BERITA SAMPIT - Ketua DAD Kabupaten Katingan Heriyadi P Samad.

KASONGAN – Menjelang Musyawarah Daerah (MUSDA) III Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan besok tanggal 07 November 2021. Nama Sakariyas masuk dalam bursa bakal calon (Bacalon) Ketua DAD Kalteng.

Menyikapi itu ketua DAD Katingan Heryadi P Samad mendukung bila betul nama Sakariyas masuk dibursa pencalonan. Dukungan ia maksud ialah kebanggaan sebagai warga Katingan.

“Saya memang melihat dan membaca berita kalo nama pak Sakariyas masuk Bursa, tapi kalo secara pernyataan langsung belum ada. Besok kita lihat, apakah beliau (red.Sakariyas) maju,” terang Heryadi dengan beritasampit.co.id via telpon. Sabtu, 06 November 2021.

Mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan ini berharap proses demokrasi di Musda DAD Kalteng bisa betul-betul dilakukan dan menjadi semangat organisasi yang berlandaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Siapapun yang terpilih dan disepakati kita pasti akan mendukung yang penting sesuai dengan AD/ART DAD Kalteng,” tambahnya.

Momen Musda juga menjadi momen menyusun program -program kerja strategis terutama mengenai adat dayak di Kalteng.

Dia mencontohkan soal Penegakan Hukum Adat yang dianggap masih banyak belum diterapkan. Kemudian soal Hak-hak adat Masyarakat, hingga mendorong realisasi hutan adat di Kalteng.

BACA JUGA:   BPN Palangka Raya selesaikan 1.636 Sertifikasi Lahan Masyarakat melalui Program PTSL

“Ini kan yang baru ada di Pulang Pisau saja hutan adat, Kami berharap kepada pengurus baru nanti bisa mendorong percepatan realisasi hutan adat di Kalteng,” harapnya.

Kemudian, ia juga mendorong peran DAD Kalteng dalam menyelesaikan sengketa-sengketa tanah adat antara masyarakat dan perusahaan terutama lintas kabupaten.

“Hukum Adat harus tetap ditegakkan tanpa mengesampingkan hukum positif. Kalo di Katingan hubungan Damang dan Polsek selama ini sudah berjalan dengan baik. Meski begitu selama ini sebelum masuk pada tahap persidangan, kami selalu menyarankan Damang untuk melakukan upaya mediasi, kalo sudah tidak bisa lagi maka disidangkan,” tambahnya.

Untuk diketahui kegiatan ini sesuai jadwal dilaksanakan 3 Hari dari tanggal 06-08 November 2021. Rangkain kegiatan sendiri dimulai dari Cek in peserta Musda Utusan DAD Kabupaten/Kota, Sidang Pleno dilanjutkan dengan penutupan dan cek Out peserta.

Peserta dari DAD Kabupaten Katingan hadir 4 Orang, Ketua Heryadi P Samad, Wakil Ketua II Pengan D Timpun, Ketua Batamad Yudea, dan 1 orang Koordinator Damang.

Sosok Sakariyas :

Sakariyas merupakan Bupati Katingan periode 2018-2023, ia dikenal sebagai sosok yang gigih (Isen Mulang) dan ramah serta memiliki karir memimpin cukup baik.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan saat Nataru

Pria yang baru merayakan ulang tahunnya pada tanggal 24 Oktober 2021 itu, memulai karirnya dari mengabdi ke bank Pembangunan Daerah Kalteng (kini dikenal sebagai Bank Kalteng), dan ditugaskan di Palangka Raya.

Setahun kemudian, ia ditugaskan ke Cabang Pembantu Sampit, Kotawaringin Timur. Enam tahun kemudian, dimutasi sebagai pimpinan Bank Kalteng Capem Kasongan, 2009-2013.

Kemudian, pada 2013 itulah, bersama H Ahmad Yantenglie, Sakariyas mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati. Mereka berdua terpilih dan dilantik sejak 2013. Setelah sekitar 3,5 tahun, Sakariyas diangkat melanjutkan kepemimpinan Kabupaten Katingan sebagai bupati pada 24 Juli 2018.

Pada Pilkada 2018, ia mencalonkan diri kembali berpasangan dengan Sunardi NT Litang hingga sekarang. Demikian sedikit rekam jejak Sakariyas.

Sebelumya diketahui sejumlah nama bursa bakal calon yang digadang-gadang mampu untuk mengemban jabatan tersebut antara lain, Bambang Irawan, Ben Brahim S Bahat, Willy M Yoseph, Agustiar Sabran, Perdie M Yoseph, Sakariyas, Andrie Elia Embang dan Yansen Binti, Mambang I Tubil dan Rahmadi G Lentam.

(Kawit/beritasampit.co.id)