Gubernur Kalteng Optimis Program Food Estate Berhasil

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kembali melakukan peninjauan di kawasan Food Estate di Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu 6 November 2021.

Provinsi Kalteng sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan nasional. Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas seluas kurang lebih 165.000 hektar.

“Saya sangat optimis program food estate ini berhasil. Program ini dinilai akan memberikan dampak yang luas di berbagai sektor bagi masyarakat. Kalimantan tengah memiliki sumber daya alam yang sangat tepat sasaran untuk program strategis nasional ini,” kata Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Disdik Palangka Raya Surati Dinas PUPR Terkait Bangunan Sekolah Yang Ambruk

Sugianto menyampaikan berdasarkan arahan dari presiden RI Joko Widodo mempersiapkan infrastruktur penunjang kawasan food estate. Infrastruktur penunjang, bertujuan untuk terwujudnya sistem jaringan jalan yang andal, terpadu, dan berkelanjutan pada kawasan food estate di Provinsi Kalteng.

“Pembangunan serta peningkatan infrastruktur tersebut diharapkan manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para pekerja di kawasan food estate tetapi juga bermanfaat bagi seluruh masyarakat untuk beraktivitas dan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Langkah Pemerintah Provinsi pun sejalan dengan program prioritas nasional yang menitikberatkan pentingnya kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Program food estate di Kalteng mempunyai banyak dampak positif, antara lain pembangunan infrastruktur, lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Mencermati peluang yang ada, Sugianto tidak ragu untuk mensukseskan kebijakan strategis nasional ini.

BACA JUGA:   AMGM Desak Perusahaan Segera Membuat Jalan Khusus

“Kita menyadari ketahanan pangan kini sudah menjadi bagian ketahanan nasional, terlepas untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan akibat dampak dari pandemi covid-19. Kalimantan tengah tanah berkah, siap melahirkan masa depan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.

Perlu diketahui food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Food estate menjadi salah satu program strategis nasional tahun 2020 sampai 2024.

(Hardi/Beritasampit.co.id)