Panglima TNI dan Kapolri Cek Kesiapan WSBK di Mandalika

Panglima TNI dan Kapolri saat mengecek kesiapan even World Superbike di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu 7 November 2021;

PRAYA, LOMBOK TENGAH – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, turun langsung mengecek kesiapan penerapan protokol kesehatan Covid-19 menjelang penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Kami optimis WSBK akan berjalan dengan baik. Protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi harus digunakan,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selesai mengecek Sikuit Mandalika di Praya, Minggu 7 November 2021.

Ia menegaskan, kedatangannya bersama Kapolri adalah untuk mengecek kesiapan terkait penerapan protokol kesehatan pada event balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) tanggal 12 November dan World Superbike di Sirkuit Mandalika tanggal 19-21 November.

“Setelah kami cek capaian vaksinasi di NTB 60 persen dan di Lombok Tengah yang menjadi lokasi balapan dosis pertama telah mencapai 80 persen dan dosin kedua 55 persen,” katanya.

BACA JUGA:   Basarnas Cari Tiga ABK Kapal Batu Bara Tenggelam di Perairan Kukar

Panglima TNI juga menekankan kepada semua penyelenggara baik pemerintah daerah maupun masyarakat serta penonton supaya tetap menerapkan protokol kesehatan, meski kasus Covid-19 di Indonesia telah turun.

Dengan demikian tidak terjadi lonjakan kasus seperti di negara lain yang disebut gelombang ketiga. “Seperti PON di Papua berkat kerja sama dan penerapan protokol kesehatan serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi berjalan aman dan sukses,” katanya.

Oleh sebab itu, Panglima TNI mendorong penerapan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam pelaksanaan balapan motor tersebut. Selain itu, semua hotel dan restoran tetap menerapkan protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi.

“Aplikasi PeduliLindungi harus dijalankan, supaya event ini berjalan aman,” katanya.

BACA JUGA:   BNPB: 22 Orang Meninggal Dunia Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, atas kerja sama TNI-Polri, Tim gugus tugas, pemerintah daerah dan relawan yang terlibat dalam tim vaksinator serta pengawalan penerapan protokol kesehatan menyebabkan angka kasus COVID-19 saat ini sangat bagus dibanding sebelumnya, sehingga Indonesia menempati posisi pertama di Asia dalam penurunan kasus COVID-19 sesuai Indeks Nikkei.

“Ini harus dipertahankan, karena beberapa event internasional akan dilaksanakan di Indonesia. Semoga  WSBK ini berjalan aman dan sukses,” katanya.

Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri di pulau seribu masjid itu diterima oleh Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah dan Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal. Setelah selesai mengelilingi Sirkuit Mandalika, Panglima TNI dan Kapolri melakukan rapat internal bersama Forum Pimpinan Kepala Daerah (FPKD) Provinsi NTB dan Direksi ITDC di Hotel Navotel.

(Antara)