IRT Daerah Pedalaman Harus Paham Pentingnya KB

LULUS/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni, SE.

PURUK CAHU – Keluarga berencana kerap disalahartikan sebagai program menolak kehadiran anak. Padahal, faktanya tidak demikian. Tujuan dan manfaat program keluarga berencana justru sangat baik demi mewujudkan keluarga sehat, bahagia, dan sejahtera.

Maka dari itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Tuti Marheni mengimbau kepada Ibu rumah tangga (IRT) khususnya di daerah pedalaman harus mengerti pentingnya KB. Menurutnya, program kehamilan yang direncanakan dengan matang akan memberikan dampak baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

“Hal itu bertujuan untuk mengarahkan agar setiap keluarga mempunyai rencana berkeluarga, misalnya jumlah anak, pendidikan dan sebagainya sehingga mewujudkan keluarga yang berkualitas,” kata Tuti Marheni, Senin 8 November 2021.

Tuti menilai, bahwa sampai saat ini kesadaran masyarakat dalam penggunaan KB masih kurang diminati masyarakat Mura khususnya di daerah pedalaman.

“Kalau saya lihat penggunaan KB ini masih kurang diminati masyarakat khususnya di daerah pedalaman Mura, dimana mereka berfikir bahwa banyak anak sangat penting untuk mengisi kekosongan daerah yang sangat luas ini,” tuturnya lagi.

Dikatakannya pula, penggunaan KB ini bukan untuk menghalangi masyarakat mempunyai banyak anak akan tetapi untuk mengajarkan masyarakat agar dapat lebih memikirkan kehidupannya kedepan.

Karena, Lanjut politisi Nasdem itu, jika nantinya masyarakat pedalaman lebih memikirkan untuk banyak anak ditakutkan nantinya angka anak putus sekolah semakin meningkat dari sebelumnya.

“Saya mengharapkan kedepannya masyarakat Mura khususnya di daerah pedalaman agar dapat lebih mengerti betapa pentingnya KB tersebut untuk membantu mensejahterakan hidup masyarakat,” tandasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).