PAD di Sektor Perkebunan Berpotensi Digali

AHMAD/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan Bambang Yantoko.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menilai jika salah satu sektor potensial yang bisa digali untuk peningkatan dan pemaksimalan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bumi Gawi Hatantiring berada pada sektor perkebunan.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko, dia menyebut hal ini dilatarbelakangi dengan banyaknya jumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan yang beroperasi di wilayah setempat.

Dikatakan Bambang, jika memang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan mau bekerja keras untuk menggali PAD, yang tetap menjadi andalan untuk hal itu adalah sasaran pajaknya ada di PBS.

BACA JUGA:   Masa Tanam Padi di Seruyan Alami Penundaan Akibat Cuaca Ekstrem

“Sebenarnya yang jadi andalan kita tetap sektor perkebunan, sasaran pajak yang ada di perusahaan itu harus kita gali. Jangan hanya menunggu, karena kalau menunggu maka sulit,” kata Bambang.

Selain itu, menurutnya di Seruyan sendiri masih banyak perizinan Hak Guna Usaha (HGU) yang tidak ada dan masih banyak sasaran yang lainnya.

BACA JUGA:   Ketua Askap PSSI Seruyan Dukung Agustiar Sabran Jabat Asprov PSSI Kalteng

Akan tetapi, karena pemerintah daerah belum terlalu proaktif menggali potensi-potensi daerah yang seharusnya bisa tergali dengan baik, maka hal tersebut sulit dimaksimalkan.

“Tapi kita selama ini hanya menunggu berapa pajak yang mengalir, jadi sulit untuk bisa optimal. Kami dari DPRD Seruyan pada dasarnya siap untuk membantu mendampingi ke lapangan,” katanya.