Festival Babukung Momentum Promosi Daerah

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat membuka Festival Babukung 2021 dihalaman Pasar induk Nanga Bulik tadi siang.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau H Hendra Lesmana secara resmi membuka Kegiatan Festival Babukung 2021 melalui Virtual, tingkat Kabupaten Lamandau Tahun 2021, dimana kegiatan gelaran tersebut di halaman pasar induk Kelurahan Nanga Bulik Kabupaten Lamandau.

Bupati H Hendra Lesmana dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan Festival Babukung Tahun 2021 dan mengatakan festival ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan seni budaya yang ada di Kabupaten Lamandau kepada masyarakat luas.

“Babukung merupakan festival kebanggaan mayarakat Kabupaten Lamandau, bersinergi antara pemerintah Daerah dan Masyarakat yang memadukan semangat persatuan dan kesatuan, kerja keras, kearifan budaya lokal, potensi daerah dan produktivitas dalam roda pembangunan daerah yang berkelanjutan,” ucap Hendra. Selasa 9 November 2021

Festival Babukung tahun 2021 yang memasuki tahun keenam, telah terpilih sebagai salah satu dari 100 calender of events wonderful 2019 Kementerian Pariwisata RI namun karena kemunculan pandemi covid 19 sangat tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara semarak karena kesehatan dan keselamatan bersama tetap menjadi prioritas. Tahun 2021, Festival Babukung Lamandau (FBL) terpilih sebagai Event Reguler Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bupati juga menjelaskan untuk pemilihan lokasi di pasar induk adalah sebagai upaya dalam menumbuhkan serta penyelamatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari dampak pendemi Covid-19.

“Dilokasi ini ekonomi masyarakat akan tergerak, termasuk pelaku UMKM yang berjualan disekitar lokasi kegiatan, dengan pelaksanaan kegiatan kita ini sendi-sendi ekonomi bisa menggeliat kembali, dan tidak kalah penting ialah memperkenalkan sektor wisata,” tutup Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua TP-PKK Kabupaten, Ketua DPRD Lamandau, Kapolres Lamandau, Kepala OPD, Kapolsek Bulik, Kapolsek Delang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

(Andre/beritasampit.co.id)