Hari Pahlawan, Warga Negara Wajib Refleksikan Diri Kenang Perjuangan Pahlawan

M.SLH/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto.

PALANGKA RAYA – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan dengan tujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mengusir penjajah dari Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Keputusan ini untuk mengenang jasa pahlawan pada peristiwa heroik yang terjadi di Surabaya tahun 1945 yang memakan banyak korban, menjadi puncak dari perjuangan para pahlawan pada saat itu.

Momentum Hari Pahlawan tahun 2021 ini, Indonesia mengusung tema, “PAHLAWANKU INSPIRASIKU” dimaksimalkan untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   Legislator Ini Minta Masyarakat Kalteng Tolak Rencana Pembongkaran Gedung KONI

Selain itu, tema ini ingin agar seluruh elemen bangsa turut memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Dalam momentum Hari Pahlawan ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto mengungkapkan bahwa, tanggal 10 November ini menjadi momentum bagi seluruh masyarakat Kota Palangka Raya baik kalangan Pemerintah, Wakil Rakyat maupun masyarakat untuk merefleksikan diri dengan mengenang para leluhur pahlawan Indonesia yang sudah berjuang demi Negeri tercinta.

BACA JUGA:   HM Khemal Nasery Menentang Keras Rencana Pembongkaran Gedung KONI Kalteng 

Dikatakan Sigit, sebagai warga Negara Indonesia, maka wajib untuk merefleksikan bahwa bangsa Indonesia ini ada karena para leluhur Pahlawan yang dulunya sudah berjuang dengan mempertaruhkan nyawa.

“Kita semua adalah penerus bangsa Indonesia, wajib untuk merefleksikan diri, bahwa bangsa Indonesia ini ada karena para leluhur kita para pahlawan kita yang sudah berjuang dengan taruhan nyawa,” jelas Sigit dalam keterangan tertulis diterima, Rabu 10 November 2021.

Politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) ini juga mengungkapkan, dalam momentum Hari Pahlawan agar menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa Indonesia. (M.Slh/beritasampit.co.id).