Maknai Hari Pahlawan dengan Peningkatan SDM di Kalteng

M.Slh/BERITA SAMPIT - Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, S.E, M.S.i saat foto bersama usai upara memperingati Hari Pahlawan.

PALANGKA RAYA – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Keluarga Besar Civitas Akademika Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih. Rabu, 10 November 2021.

Upacara Hari Pahlawan tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UPR Andrie Elia, yang dihadiri jajaran pimpinan, pengurus Dharma wanita, tenaga kependidikan dan dosen, perwakilan organisasi mahasiswa dan para pegawai yang ada di lingkungan UPR.

Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Keputusan ini untuk mengenang jasa pahlawan pada peristiwa heroik yang terjadi di Surabaya tahun 1945 yang memakan banyak korban, menjadi puncak dari perjuangan para pahlawan pada saat itu.

Momentum hari pahlawan tahun 2021 ini, Indonesia mengusung tema, “PAHLAWANKU INSPIRASIKU” dimaksimalkan untu membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, tema ini ingin agar seluruh elemen bangsa turut memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Andrie Elia mengungkapkan Hari Pahlawan adalah momentum yang penting bagi segenap tumpah darah Indonesia, terkhususnya Civitas Akademika UPR merefleksikan serta mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Merdeka.

Semangat kepahlawanan kiranya juga termanifestasi dalam setiap langkah perjuangan dan karya segenap Civitas Akademika Universitas Palangka Raya, baik jajaran pimpinan, organisasi mahasiswa dan unsur yang ada di UPR.

UPR sebagai Penguruan Tinggi negeri tertua dan terbesar di Kalteng, tentunya memilki tanggung jawab besar untuk melahirkan Generasi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing.

Andrie Elia menegaskan bahwa tantangan di era deskripsi sangat besar. Dimana, era ini terjadi inovasi dan perubahan besar-besaran yang secara fundamental mengubah semua sistem, tatanan, dan landscape yang ada ke cara-cara baru.

“kita harus mampu beradaptasi, serta bersikap dalam memainkan peran kita masing-masing,” tuturnya.

Untuk diketahui bahwa, bertepatan dengan hari Pahlawan, Universitas Palangka Raya juga memperingati Dies Natalis yang Ke-58.

Khusus untuk merayakan Dies Natalis UPR ke-58 tersebut, dilakukan peniupan lilin secara simbolis olen Rektor UPRAndrie Elis dengan didampingi jajaran pimpinan, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) UPR, dan Perwakilan organisasi mahasiswa di lingkungan UPR.

(M.Slh/Beritasampit.co.id)