Harga TBS di Kotabaru Kalsel Terus Naik, Jadi Rp3.050 Per Kilogram

Ilustrasi - TBS Kalapa Sawit//Ist_Antara;

KOTABARU – Harga tandan buah segar (TBS) di Kabupaten Kotabaru dan beberapa daerah lainnya di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus naik hingga menjadi Rp3.050 per kilogram.

Mengutip dari Antara, pedagang tandan buah segar di Kotabaru, Helmi, Kamis 11 November 2021 menginformasikan, harga TBS sebelumnya Rp2.900 per kilogram dan kemudian  naik sekitar Rp150 menjadi Rp3.050 per kilogram.

“Alhamdulillah, beberapa bulan terakhir harga TBS terus merangkak naik, meski kenaikanya kurang dari Rp200 per kilogram,” kata seorang petani kelapa sawit Abu Mukhbita,

Meski kondisi kebun sawit petani saat ini mengalami pengurangan buah karena kemarau, namun dengan harga yang terus naik membuat petani tetap bersemangat untuk memelihara kebunnya.

BACA JUGA:   Target Vaksinasi COVID-19 di Banjarmasin Capai 80 Persen

“Berbeda, ketika hasil TBS berkurang harga turun, banyak petani yang membiarkan buah sawitnya membusuk di pohon. Tetapi kali ini hal itu tidak lagi terjadi, karena harga TBS terus membaik,” ujarnya.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalimantan Selatan, Eddy S Binti, dengan didampingi Sekretaris GAPKI Hero Setiawan, menjelaskan, naiknya harga TBS tidak terlepas dari andil naiknya harga turunan sawit.

“Naiknya harga TBS juga didorong adanya permintaan akan turunan sawit yang tinggi, sementara distribusinya yang kurang,” katanya.

BACA JUGA:   Polda Kalsel Pastikan Seluruh Gereja Steril dan Terapkan Prokes selama Misa Natal

Bahkan, hingga Agustus target ekspor produk turunan kelapa sawit sudah terpenuhi, sementara permintaan masih terus tinggi.

Selain memenuhi permintaan luar negeri, kebutuhan crude palm oil (CPO) domestik juga tinggi, seiiring dengan semakin banyaknya industri biodiesel di Indonesia sebagai pengganti BBM yang bersumber dari hewani.

Sementara itu, produk turunan kelapa sawit yang dihasilkan dari buah tandan segar seperti,  Refined Bleached Deodorized (RBD), RBD Palm Stearin, RBD Palm Oil, Palm Olein, Palm Kernel Oil,, bungkil sawit (Palm Kernel Expeller) dan cangkang kelapa sawit.

(Ant/BS-65_beritasampit.co.id)