November Masuk Musim Kawin, Waspada Buaya Mulai Agresif

IST/BERITA SAMPIT - Seekor buaya jenis muara cukup besar terlihat sedang berjemur menaiki titian atau seperti lanting, di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, beberapa waktu lalu.

SAMPIT – Komandan Pos Jaga Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Sampit, Kalimantan Tengah Muriansyah, mengingatkan warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), khususnya yang tinggal di pinggir sungai mentaya agar lebih waspada beraktivitas di sungai. Pasalnya bulan ini telah masuk musim kawin sehingga buaya lebih agresif.

“Bulan November ini mulai musim kawin buaya, ini patut diwaspadai masyarakat, terutama yang tinggal di pinggir sungai. Sebab pada musim ini aktivitas buaya lebih aktif, khususnya buaya jantan,” kata Muriansyah, Kamis 11 November 2021.

Beberapa hari belakangan BKSDA Sampit menerima 3 laporan warga terkait dengan kemunculan buaya di sekitar pemukiman.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Imbau THM Serta Warung Makan Tidak Buka Saat Puasa Ramadan

“Kemarin tanggal 9, kita menerima laporan ada kemunculan buaya di sekitar Jembatan Patah, Jalan Kapten Mulyono Kota Sampit, dengan panjang sekitar 1 meter,” ujarnya.

Lokasi munculnya buaya di anak sungai samping komplek perumahan Teratai 5, jalur 5 Ujung jalan HM Arsyad, yang mana di sungai itu juga sering dijadikan tempat bermain anak-anak sekitar untuk mandi.

“Kita telah melakukan observasi ke lokasi, serta memberikan arahan kepada warga agar lebih waspada saat beraktivitas di sekitar sungai, terutama anak-anak kita ingatkan agar tidak bermain dan mandi di sungai itu,” paparnya.

BACA JUGA:   Aksi Pencurian Satu Karung Timun di Pasar PPM Sampit Terekam Kamera

Kemudian dari 3 laporan itu ada juga di Sungai Sampit sekitar jembatan gantung Bagendang Hulu Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Selanjutnya di sungai Handil Sohor, Desa Handil Sohor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, yang mana buaya telah menampakan diri dengan menaiki titian atau seperti lanting di sekitar desa tersebut.

Berkaitan dengan sejumlah laporan dan juga ada bukti foto dari warga, Muriansyah mengajak, agar masyarakat lebih waspada terutama menjaga kebersihan lingkungan, serta menghilangkan kebiasaan membuang sampah rumah tangga atau bangkai hewan ke sungai. (Cha/beritasampit.co.id).