PAUD Berperan Penting Dalam Pembangunan

IST/BERITA SAMPIT - Bunda PAUD Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka peningkatan akses dan penguatan pendampingan untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2021, Bunda PAUD Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar kegiatan koordinasi dan advokasi Bunda PAUD kabupaten/kota.

Bunda PAUD Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran membuka kegiatan yang merupakan program kerja Bunda PAUD Provinsi Kalteng tersebut secara virtual dari Aula Serba Guna Rujab Gubernur Kalteng, Kamis 11 November 2021.

Ivo Sugianto Sabran menyampaikan, PAUD tidak hanya memegang peranan yang penting dalam perkembangan anak pada masa yang akan datang. Akan tetapi juga memegang peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa.

BACA JUGA:   Zulkifli Hasan Minta PAN Kalteng Kembalikan Kejayaan Partai dengan Persatuan dan Kebersamaan

“Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hak esensial anak yang meliputi hak akan pendidikan, kesehatan, gizi, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan anak diperlukan pendekatan yang holistik serta integratif dengan melibatkan kerja sama satuan PAUD, keluarga, masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat,” jelas Ivo.

Dia berharap melalui kegiatan koordinasi dan advokasi Bunda PAUD dapat tersusunnya rencana dan program koordinasi Bunda PAUD tingkat kabupaten/kota dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal membentuk serta mengesahkan atau mengukuhkan Pokja Bunda PAUD kabupaten/kota di Provinsi Kalteng.

“Tidak kalah pentingnya adalah melakukan pendampingan terhadap satuan PAUD agar memiliki layanan PAUD berkualitas dalam perwujudan layanan PAUD Holistik Integratif,” pungkasnya.

BACA JUGA:   TNI Lakukan Pendampingan Percepatan Vaksinasi

Program pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) merupakan sebuah upaya Pemerintah untuk menghadirkan layanan yang komprehensif dalam memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini.

Program ini hadir sebagai wujud nyata kehadiran negara dalam pemenuhan hak anak. Melalui program ini, diharapkan akan terjadi kerja sama lintas sektoral di pusat dan di daerah dalam pemenuhan kebutuhan esensial anak.

Selain itu, program tersebut merupakan upaya untuk mendorong adanya koordinasi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menghadirkan layanan PAUD-HI di daerahnya masing-masing. (Hardi/beritasampit.co.id).