Kadis TPHP Kobar: Kunjungan Belajar ke Jawa Untuk Menambah Wawasan

IST/BERITA SAMPIT - Rombongan Kunjungan Belajar dari Kabupaten Kobar, saat foto bersama di Kecamatan Brebes.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, Budi Kris Hastuti kunjungan belajar ke sejumlah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan daerah Yogyakarta.

Kunjungan belajar ini dilakukan bersama seluruh Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Kobar, yang didampingi sejumlah Kepala Dinas dan Wakil Ketua Komisi B DPRD Kobar, Sutiyana.

Budi Kris Hastuti mengatakan, bahwa kunjungan belajar ke Pulau Jawa untuk menambah wawasan dan pengetahuan khusus bidang pertanian, untuk kemajuan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Kobar.

“Kunjungan belajar sebagai sarana adopsi, tiru dan modifikasi program pembangunan pertanian dengan menyesuaikan kondisi desa masing-masing. Diharapkan kunjungan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para Kepala Desa dalam mengkaji dan menimba ilmu guna kemajuan pertanian di Kabupaten Kobar,” jelas Budi, dikonfirmasi beritasampit.co.id dari Pangkalan Bun, Kobar, Jumat 12 November 2021 pagi.

Dia mengabarkan melalui telepon genggam, bahwa hari ini adalah kunjungan hari ke 5. Ada sejumlah lokasi Kunjungan Kerja (Kunker) yang sudah dikunjungi rombongan dari Kabupaten Kobar.

Hari pertama 8 November 2021, setelah sampai di Semarang rombongan langsung menuju Kabupaten Tegal. Hari kedua, 9 November 2021 rombongan menuju Kabupaten Brebes, disambut Bupati dan Wakil Bupati Brebes.

Usai pertemuan dengan Bupati Brebes, rombongan menuju Pertanian Bawang Merah, di Desa Banjaratma, dilanjutkan kunjungan ke lokasi Perikanan Desa Grinting. Pagi hari ketiga, rombongan melanjutkan Kunker ke Purwokerto Kabupaten Banyumas meninjau lokasi Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul (BBPTU).

Hari keempat rombongan menuju Yogyakarta, Kunker ke obyek wisata, dan hari ini Jumat, 12 November 2021 rombongan kembali ke Semarang, kemudian menuju Desa Tukang untuk mendengarkan pemaparan tentang budi daya bibit Tanaman Porang, yang ditindak lanjuti meninjau kebun Porang.

“Besok Sabtu, 13 November 2021 rombongan kembali ke Pangkalan Bun, mohon doanya semua rombongan kembali dengan selamat ke Pangkalan Bun,” harap Budi Kris Hastuti. (Man/beritasampit.co.id).