Peringati HKN ke-57, Dinkes Sukamara Gelar Skrining Kesehatan

CEK : ENN/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Sukamara Ahmadi saat dicek kesehatannya.

SUKAMARA – Dinas Kesehatan Sukamara menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 dengan pemeriksaan atau pengecekan penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah di Halaman Kantor Bupati Sukamara, Jumat, 12 November 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Sukamara Ari Junita mengatakan bahwa, kegiatan skrining kesehatan terhadap ASN dan masyarakat agar semakin mengerti perilaku lingkungan sehat serta mau melakukan gerakan hidup sehat.

“Dalam rangka memeriahkan HKN tahun ini kita telah melakukan kegiatan dari bulan Agustus seperti lomba posyandu tingkat kabupaten, lomba balita Indonesia, lomba Pustu dan Poskesdes tingkat kabupaten,” kata Ari Junita.

BACA JUGA:   Sukamara Berselawat Bersama Syekh Muhammad Jaber

“Selain itu ada juga lomba sekolah sehat mulai dari tingkat PAUD sampai SMA sederajat, kami juga ada kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang keamanan pangan kepada masyarakat,” lanjut Ari Junita.

Ari Junita juga menerangkan bahwa, skrining kesehatan juga akan dilakukan untuk masyarakat sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pola hidup sehat.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi menjelaskan bahwa skrining kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan semuanya berhubungan dengan pola hidup, seperti pola makan, istirahat, olahraga dan kebiasaan lainnya dalam keseharian.

BACA JUGA:   NU Dilibatkan Pemda Kembangkan Pesantren

“Sekarang ini pola hidup sehat sudah bergeser, sehingga anak-anak remaja saat ini sudah ada yang menderita hipertensi, diabetes karena pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, makanan yang banyak mengandung lemak dan gula tanpa diimbangi serat, ” jelasnya.

“Selain itu juga saat ini pola hidup yang santai aktifitas fisik yang kurang itu sangat berpengaruh pada terjadinya penyakit tidak menular,” tukasnya.

Karena itu Ahmadi menginginkan masyarakat untuk ikut menjalani pola hidup sehat agar dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular. (enn/beritasampit.co.id).