Camat Cempaga Hulu: Desa Yang Terkena Banjir Rata-Rata Air Masuk ke Dalam Rumah

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah rumah yang terendam banjir di Desa Tumbang Koling Kecamatan Cempaga Hulu, Sabtu 13 November 2021.

SAMPIT – Berdasarkan hasil laporan banjir yang diterima pihak Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, ketinggian air mencapai dengan kisaran 50 hingga 90 centimeter, pada 8 desa dan 1 dusun yang melanda di kecamatan Tersebut.

“Sebagian besar desa yang dilanda banjir, rata-rata air sudah masuk ke dalam rumah warga,” ujar Camat Cempaga Hulu Ubaidillah, saat dikonfirmasi media ini, Sabtu 13 November 2021.

Untuk nama 8 desa dan 1 dusun yang dilanda banjir di Kecamatan Cempaga Hulu yakni Desa Tumbang Koling dan Dusun Tumbang Sanak, Desa Parit, Desa Sudan, Desa Pantai Harapan, Desa Pundu, Desa Bukit Batu Bawah, Desa Sei Ubar Mandiri serta Desa Selucing.

BACA JUGA:   Dishub Kotim Siapkan Mini Bus Wisata Ujung Pandaran, Tarif Subsidi

Ubai menambahkan, salah satu desa yang cukup parah dilanda banjir berada di Desa Sudan. Karena sejak dilanda banjir pada Kamis 11 November sampai saat ini ketinggian debit air terus bertambah di desa tersebut.

“Saat ini Desa Sudan ada sebanyak 298 Kepala Keluarga (KK), perempuan 542 jiwa dan Laki laki 566 jiwa. Dari jumlah 247 rumah, sebanyak 214 rumah telah tergenang banjir di Desa itu,” ungkapnya.

IST/BERITA SAMPIT – Sejumlah warga Desa Tumbang Koling di tengah banjir yang melanda desa mereka, Sabtu 13 November 2021.

Bukan hanya menggenang pemukiman penduduk, banjir juga telah merendam perkebunan karet warga sehingga melumpuhkan aktivitas masyarakat Desa Sudan yang sebagian besar bekerja sebagai penyadap karet.

BACA JUGA:   Polisi Belum Terima Laporan Orang Hilang

“Kita sudah melaporkan banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Cempaga Hulu ke BPBD Kotim. Kami juga telah melakukan tinjauan ke lokasi, namun tetap berharap Pemkab cepat melakukan tindakan dengan menerjunkan tim untuk membantu warga kami,” pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id).