Perawat Harus Bersikap Ramah ke Pasien

SEMINAR : IST/BERITASAMPIT - Puluhan perawat diberikan motivasi dan pengetahuan dalam seminar yang dilaksanakan di gedung penunjang RSUD dr Murjani Sampit.

SAMPIT – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 tahun, RSUD dr. Murjani Sampit menggelar seminar Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) bertajuk ”Keramahan Perawat Dalam Perspektif Kearifan Lokal”.

”Peringatan HKN ini jatuh tanggal 12 November. Karena harinya Jumat, waktunya singkat. Atas kesepakatan bersama, kegiatan diundur Sabtu,” kata Ketua Panitia Pelaksana Seminar Gusti Hery Masdiqa, Sabtu 13 November 2021.

Pria yang aktif bertugas sebagai perawat di Ruang Seroja Isolasi Covid-19 itu menyampaikan, bahwa perawat yang bertugas di rumah sakit berjumlah 800 orang dengan status tenaga kontrak dan aparatur sipil negara.

BACA JUGA:   Polres Kotim Musnahkan Sabu Senilai 172 Juta

”Pada kegiatan seminar ini tidak semua hadir, seminar hanya diikuti 50 peserta yang berprofesi sebagai perawat. Dari total 10 ruang di rumah sakit, masing-masing diikutkan lima orang,” ujranya.

Ditempat yang sama, Plt Direktur RSUD dr. Murjani Sampit Sutriso mengatakan, pelayanan keperawatan berpusat pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia, terutama dalam memberikan layanan bagi pasien yang mengalami sakit.

”Pegawai rumah sakit harus memberikan pelayanan yang profesional, bermutu, dan ramah. Sikap ramah bagi seorang dokter dan khususnya perawat ini yang lebih ditekankan, supaya pasien merasa nyaman dan terlayani dengan baik,” kata Sutriso.

BACA JUGA:   FLASHBACK! BPBD Mencatat Selama 7 Bulan Kotim Diterjang Banjir

Sikap dan perilaku perawat menurutnya, pada saat memberikan pelayanan keperawatan disebut perilaku profesional dan para ahli keperawatan telah menyatakan bahwa perilaku profesional yang melingkupi inti pelayanan keperawatan adalah perhatian.

”Maka dari itu, lewat seminar ini perawat RSUD dr. Murjani Sampit diharapkan berperilaku ramah, terutama kepada pasien dalam konteks budaya kearifan lokal sebagaimana tema yang dipilih kali ini,” ujarnya.

(im/beritasampit.co.id).