Betang Tumbang Gagu Merupakan Kebanggan Kotim

WAWANCARA : IM/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Rudianur.

SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur mengaku bangga dengan salah satu aset budaya milik daerah ini. Salah satunya adalah Betang Tumbang Gagu yang berada di Kecamatan Antang Kalang.

“Betang ini merupakan salah satu aset daerah yang harus dipertahankan dan tidak boleh rusak. Kita merasa bangga dengan salah satu aset budaya di Tumbang Gagu, Betang yang begitu besar dan harus kita perhatikan secara bersama-sama. Pemerintah daerah kami tekankan agar Betang ini terus diperhatikan dan dilakukan pemugaran untuk mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran zaman seperti sekarang,” kata Rudianur, Minggu 14 November 2021.

BACA JUGA:   Sempat Berjalan Alot, Pleno Tingkat Kabupaten Kotim Selesai Hingga Dini Hari

Rudianur bersama pimpinan DPRD Kotim lainnya langsung mendatangi Betang Tumbang Gagu itu. Mereka menyaksikan bagaimana kemegahan dari rumah Suku Dayak yang fenomenal tersebut. Eksistensi dari Betang Tumbang  Gagu tersebut sejatinya tidak hanya sekelas lokal dan nasional tetapi juga sudah sampai ke dunia internasional. Hal itu dibuktikan dengan kerap dikunjungi turis dan wisatawan dari mancanegara. Bahkan ada yang bermalam di Betang ini.

“Saya sepakat bagaimana betang itu dipoles kembali, dibenahi namun harus tetap memperhatikan dan mempertahankan orisinalitasnya jangan sampai diubah, tetapi bagian-bagian lainnya bisa ditambah dan dilengkapi dengan dokumentasi dan buku-buku penunjang supaya mereka yang berkunjung disana juga bisa membaca bagaimana sejarah Betang itu serta pembangunannya,”ujarnya.

BACA JUGA:   Aksi Hipnotis Menimpa Seorang Emak-Emak di Sampit

Ia berharap, pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar menindaklanjuti pasca kunjungan sejumlah pejabat daerah pada hari Pahlawan 10 November lalu. Dia tidak ingin hanya usai kegiatan itu maka selanjutnya tidak  ada tindaklanjut perhatian

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mesti ada tindaklanjuti setelah kunjungan dan kegiatan dari FKPD disana kemarin,” pungkasnya. (im/beritasampit.co.id).