Dandim 1016 Perintahkan Personil Siaga Hadapi Potensi Bencana Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Infanteri Rofiq Yusuf

PALANGKA RAYA – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1016 Palangka Raya, Kolonel Infanteri Rofiq Yusuf meminta, kepada seluruh personil jajarannya untuk terus siap siaga, terhadap potensi terjadinya banjir akibat tingginya curah hujan akhir – akhir ini.

“Saya perintahkan jajaran Danramil supaya menyiagakan anggota di tiap Koramil, untuk antisipasi banjir akibat dari curah hujan yang tinggi. Antisipasi bencana harus lebih awal. Jangan menunggu parah baru ditangani,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Minggu 14 November 2021.

BACA JUGA:   Peredaran Sabu-Sabu Tak Ada Habisnya, Polisi Kembali Ringkus Seorang Pria

Kolonel Rofiq meminta, kepada seluruh Babinsa untuk terus melakukan pemantauan terhadap peningkatan debit air pada wilayah daerah aliran sungai (DAS), akibat tingginya curah hujan. Ia mengingatkan, agar seluruh jajaran yang tersebar di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas, untuk siaga menghadapi segala kemungkinan bencana yang bisa terjadi.

Menurutnya, perubahan cuaca dan meningkatnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir ini, perlu untuk diwaspadai, khususnya di daerah-daerah rawan bencana yang dekat dengan pemukiman masyarakat.

BACA JUGA:   Pemkot Terus Berupaya Menekan dan Tangani Kasus HIV/AIDS

“Para personel harus cepat merespons setiap kondisi yang terjadi di wilayahnya jika terjadi bencana alam. Cepat berikan respon dan segera laporkan, setiap kondisi yang terjadi. Jangan ditunda-tunda,” pungkasnya.

Dirinya juga menegaskan, bahwa pihaknya siap menerjunkan langsung prajuritnya bila sewaktu-waktu terjadi bencana baik banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung.

(Hardi/Beritasampit.co.id)