Danramil Pahandut Imbau Warga Terdampak Banjir Tetap Waspada

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat cek kondisi banjir

PALANGKA RAYA – Curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Kota Palangka Raya, mengakibatkan beberapa daerah kecamatan serta kelurahan terendam banjir.

Banjir yang terjadi di Palangka Raya menimpa beberapa wilayah, salah satunya yang berada di daerah bantaran DAS Kahayan dan Rungan, yaitu Kecamatan Pahandut serta empat kelurahan di wilayah ini terendam banjir.

Danramil 1016-01/Pahandut, Mayor Inf Rudiyanto mengungkapkan berdasarkan laporan dari anggotanya yang berada di lapangan, untuk wilayah Kecamatan Pahandut hanya ada dua kelurahan saja yang tidak terjadi banjir.

“Kelurahan itu yakni Tumbang Rungan dan Panarung. Sedangkan Kelurahan Pahandut Seberang, Langkai, Pahandut, dan Panarung semuanya terendam banjir,” ungkapnya melalui rilis yang diterima pada Minggu, 14 November 2021.

BACA JUGA:   Empat Petahana Dapil I Berhasil Amankan Kursi DPRD Palangka Raya

Dia menjelaskan, pada dasarnya kondisi banjir yang terjadi di Kecamatan Pahandut tergolong aman. Akan tetapi beberapa rumah warga masyarakat yang ada di empat kelurahan tersebut sudah ada yang terendam.

Seperti di Kelurahan Pahandut Seberang, tinggi air yakni mencapai 20-40 cm, dan merendam rumah sekitar 100 KK. Sedangkan di Kelurahan Langkai ketinggian air mencapai 20 cm dan merendam rumah sebanyak 150 KK.

Kemudian di Kelurahan Pahandut ketinggian air di wilayah ini mencapai 40 cm dan ada sekitar 70 KK rumah yang terendam. Serta di Tanjung Pinang, tinggi air mencapai 20-40 cm, namun rumah yang terendam hanya ada 3 KK.

BACA JUGA:   Orang Tua Bayi Korban Dugaan Malapraktik RSUD Doris Sylvanus Minta Anaknya Dapat Keadilan

Dirinya mengimbau kepada masyarakat di wilayah yang terdampak banjir tersebut agar tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan potensi musibah yang terjadi seperti salah satunya sengatan listrik.

Selanjutnya, apabila memang kondisi sudah tidak memungkinkan segera bersiap melakukan evakuasi ke area yang lebih tinggi serta memantau kondisi lingkungan setiap saat.

“Yang paling penting tetap taati protokol kesehatan karena wilayah kita saat ini masih melaksanakan PPKM, jangan sampai Covid-19 di Palangka Raya secara umum melonjak lagi,” pungkas Mayor Inf Rudiyanto. (Hardi/beritasampit.co.id).