DPRD Kotim Dorong Perbaiki Jalan Menuju Desa Tumbang Gagu

IM/BERITA SAMPIT - Legislator Partai Perindo Daerah Pemilihan V, Hendra Sia.

SAMPIT – Anggota DPRD Kotawaringin Timur Hendra Sia mendorong Pemerintah Daerah agar bisa menganggarkan biaya perbaikan jalan menuju Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

“Pemerintah Daerah diharapkan agar bisa memperbaiki akses jalur darat menuju Desa Tumbang Gagu, karena saat musim hujan tidak bisa dilewati akibat jalan yang digenangi lumpur. Setidaknya jalan itu ditingkatkan dengan tanah laterit atau agregat agar lebih bisa fungsional,” kata Legislator asal Partai Perindo ini. Senin 15 November 2021.

BACA JUGA:   Ini Harapan Ketua DPRD Pada Hut Kotim Ke 69

Anggota Komisi I DPRD Kotim ini mengaku saat melakukan peninjauan ke desa tersebut terlihat rusak parah bahkan tidak bisa dilewati ketika turun hujan. Ia bersama rombongan terpaksa menggunakan perahu untuk sampai ke rumah betang Tumbang Gagu, karena jalur daratnya tidak bisa dilewati sama sekali.

Titik terparah menurutnya jika dihitung dari Desa Bukit Indah sampai ke Tumbang Gagu waktu yang ditempuh sekitar 4 jam perjalanan. “Jika dilakukan perbaikan maka tidak menutup kemungkinan akan menghemat waktu 2,5 jam bahkan bisa 1 jam,” sebutnya.

BACA JUGA:   Bantuan Korban Kebakaran Pasar Pundu Terus Berdatangan 

Sekretaris Komisi I tersebut mendesak adanya pengerasan jalan menuju Desa Tumbang Gagu, apalagi Desa Tumbang Gagu ini memiliki salah satu destinasi wisata yang sangat bagus dan memiliki nilai historis budayanya.

“Dalam hal ini Pemerintah Daerah bisa bekerjasama dengan pihak ketiga, yakni perusahaan setempat. Namun kami ingatkan agar hutan yang tersisa di sana agar dipertahankan dan tidak lagi di eksploitasi. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan alam terutama untuk penyerapan air dan sebagai cagar budaya kedepannya,” pungkasnya.

(im/beritasampit.co.id).