Sungai Hantakan Kembali Meluap, BPBD Imbau Masyarakat Wapadai Banjir

Depan Rumah dinas Bupati HST kebanjiran, Senin 15 November 2021. (ANTARA/M Taupik Rahman)

HULU SUNGAI TENGAH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengimbau masyarakat untuk waspada banjir, karena air Sungai Hantakan kembali meluap dan sejumlah ruas jalan di Kota Barabai serta beberapa desa di Kecamatan terendam banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Hulu Sungai Tengah, H Budi Haryanto melaporkan, ketinggian air di beberapa ruas jalan di Kota Barabai mencapai 20-75 cm.

“Warga agar tetap tenang, namun waspada dan mengamankan barang-barang miliknya yang berharga,” katanya. Budi Haryanto, dikutip dari Antara, Senin 15 November 2021,

Wilayah yang tergenang di antaranya Padawangan, Jalan Tri Kesuma Barabai Darat, Hevia, Munti Raya, Asrama Kodim 1002/HST Barabai Darat, Lapangan Pelajar, dan Lapangan Dwi Warna.

Kemudian perumahan Dinas Bupati Hulu Sungai Tengah, Pasar Barabai, Jalan Penas Tani belakang Yonif 621serta  beberapa desa di wilayah Kecamatan Batu Benawa dan Haruyan.

Mengantisipasi terjadinya kondisi lebih parah, BPBD langsung mendirikan posko penanganan banjir di Stadion Murakata dan meminta warga agar tetap tenang.

Pihaknya juga senantiasa siaga mengontrol kondisi air serta menyampaikan informasi kepada warga jika ada peningkatan.

“Saat ini cuaca masih mendung dan curah hujan masih bisa terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat,” ujarnya.

(Antara/BS-65)