BINDA Kalteng Percepat Target Herd Immunity, 748 Pelajar di Sampit Divaksinasi

Pelajar saat mengikuti vaksinasi Covid-19 di SMP Negeri 3 Sampit

SAMPIT – Dalam rangka mempercepat target herd immunity untuk memerangi pandemi Covid-19, Badan Inteligen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali menggelar kegiatan vaksinasi massal kepada pelajar, di SMP Negeri 3 Sampit, Selasa 16 November 2021.

Kepala Binda Kalteng, Brigjen TNI Sinyo mengatakan, sesuai arahan Presiden RI, pihaknya akan terus membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 hingga mencapai target daerah dan nasional sebesar 70 persen tercapai pada akhir tahun 2021.

“Atas perintah pimpinan, BINDA Kalteng terus melakukan vaksinasi terhadap masyarakat termasuk kepada pelajar, yang diharapkan dapat membentuk kekebalan komunal dalam bentuk herd immunity pada kondisi pandemi Covid-19 ini. Dengan demikian pelajar dapat lebih siap dan lebih aman dari sebaran Covid-19 pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka,” jelas Brigjen TNI Sinyo.

Terlebih saat kondisi bencana banjir saat ini, kata Dia, protokol kesehatan terkadang tidak menjadi prioritas masyarakat. Dengan adanya herd immunity diharapkan tidak muncul klaster baru Covid-19 masyarakat, khususnya di wilayah yang terdampak banjir, dalam hal ini termasuk di areal pengungsian.

Secara terpisah, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sampit, Hj. Khadijah mengucapkan terimakasih atas dukungan Binda Kalteng yang telah melakukan vaksinasi massal dosis 1 dan 2 untuk pelajar SMP Negeri 3 Sampit.

“Terlaksananya vaksinasi massal untuk siswa dan siswi SMP Negeri 3 Sampit secara tidak langsung telah berdampak pada kelancaran kegiatan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM, karena lebih dari 90 persen siswa-siswi SMP Negeri 3 Sampit sudah tervaksin dosis 1 dan 2,” tutur Khadijah.

Dirinya berharap kegiatan ini juga dapat menambah kepercayaan diri siswa dalam mengikuti PTM dan dapat kembali mendapatkan materi-materi pelajaran secara langsung di sekolah.

Berdasarkan rekapitulasi, setidaknya terdapat 748 pelajar atau 99,7 persen dari target 750 sasaran pelajar di SMP Negeri 3 Sampit yang divaksin dalam kesempatan tersebut. (Jimmy/beritasampit.co.id).