Gubernur Kalteng Serap Aspirasi Para Pengungsi

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau tenda pengungsian

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melakukan pengecekan kondisi tenda tenda pengungsian dampak banjir di sejumlah wilayah di Palangka Raya.

Kunjungan yang dilakukan oleh Sugianto Sabran tersebut ingin memastikan sendiri, kondisi suasana di lokasi sekitar banjir, dan kesiapan tenda pengungsian hingga tempat berkumpulnya warga.

Gubernur Sugianto beranjak dari rumah jabatan pukul 12.00 WIB malam, menuju ke wilayah Jalan Pelatuk II, dimana bertemu Walikota Palangka Raya Fairid Nafarin yang juga melakukan pengecekan kondisi banjir dan pengungsian warga.

Kedua kepala daerah itu kemudian saling berkoordinasi untuk melakukan upaya penanganan awal, hingga kesiapan tenda pengungsian, dan kesiapan dapur umum serta bantuan selimut serta bahan pokok lainya untuk keperluan secara darurat.

BACA JUGA:   Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalteng Diharapkan Bisa Kolaborasi Kembangkan Tambak Udang Vaname

Di lokasi, didampingi juga plt Kepala BPBPK Provinsi Erlin Hardi bersama BPBPK Kota Palangka Raya, Gubernur Sugianto menyambangi warga warga yang tertidur dan yang masih terjaga untuk diskusi dan menyerap aspirasi warga.

“Kebetulan bertemu pa Walikota di lokasi tenda pengungsian di sekitar lokasi banjir, kami koordinasi untuk penanganan awal, kesiap siagaan untuk membantu warga. Kami juga mengarahkan BPBPK Provinsi untuk koordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk upaya penanganan terhadap dampak banjir saat ini. Sama sama kita berdoa, semoga banjir ini cepat surut,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui rilis yang diterima pada Selasa 16 November 2021.

Selanjutnya Sugianto didampingi Erlin Hardi kemudian menuju SDN 1 Langkai, untuk mengecek dan memastikan adanya sarana membantu warga di pengungsian sementara hingga menuju ke Pelabuhan Rambang, Jalan Riau, untuk mengecek kondisi di wilayah Jalan Kalimantan, Puntun, dan sekitarnya.

BACA JUGA:   Sugianto Harap Klinik Bisnis Festival Mampu Mendorong Pemuda Kalteng Sebagai Entrepreneur Hebat

“Kami mengimbau warga untuk sabar, dan pemerintah saat ini sedang berupaya melakukan penanganan, serta bantuan secara bertahap terhadap kondisi banjir saat ini,” ucapnya.

Diketahui, hujan yang terus mengguyur Kota Palangka Raya, membuat air sungai kahayan naik hingga air meninggi secara cepat.

Di sejumlah wilayah di pinggiran bantaran sungai mulai terdampak banjir. Tidak hanya di Kota Palangka Raya, juga di wilayah Katingan dan daerah lainya, dengan intensitas sedang serta cukup tinggi. Kota Palangka Raya sendiri sudah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari kedepan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)