Waspada Penyakit saat Banjir dan Musim Hujan

KAWIT/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robert

KASONGAN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robert Padmudyanto mengimbau warga untuk bisa menjaga kesehatan dari serangan penyakit saat banjir dan musim hujan.

“Hingga sekarang saya masih belum mendapatkan laporan mengenai serangan penyakit saat banjir, tapi kita harus waspada pasca banjir serangan penyakit seperti Flu, Demam berdarah dengue, Malaria, Diare dan serangan jamur kulit,” ucap dr Robert. Senin, 16 November 2021.

Ia menyarankan warga bila mengalami gangguan atau mengalami serangan penyakit segera meminta pertolongan medis yang sudah dibuka melayani masyarakat.

“Kita berharap debit air bisa cepat surut agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal. Saya juga berpesan untuk tetap waspada dari serangan penyakit dengan tetap menjaga kesehatan,” pintanya.

Hujan yang terus-menerus terjadi selama musim penghujan, membuat udara menjadi lebih lembap dan memudahkan kuman penyebab penyakit, baik virus, bakteri, parasit, dan jamur, untuk berkembang biak di berbagai tempat.

Tercatat data yang dikutip dari BMKG Kalimantan Tengah potensi hujan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi dihampir seluruh wilayah Kalimatan Tengah. Untuk data Selasa 16 November 2021, Kasongan malam Hujan Ringan dan Dini Hari berawan dengan suhu 23-30 C dan kelembapan 70-100 %.

(Kawit/beritasampit.co.id)