Kasus Covid-19 di 37 Daerah Jawa-Bali Kembali Naik, Mukhtarudin: Gencarkan Vaksinasi

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin. (dok: pribadi).

JAKARTA– Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut terdapat 29 persen atau 37 kabupaten kota di Jawa dan Bali yang mengalami peningkatan kasus pada pekan ini.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin meminta pemerintah daerah (Pemda) di 37 Kabupaten/Kota di Jawa dan Bali yang mengalami kenaikan kasus tersebut untuk tetap fokus mengendalikan perkembangan Covid-19 dengan membatasi kegiatan masyarakat, agar kenaikan kasus tidak terus terjadi.

Mukhtarudin menyampaikan Pemda di 37 kabupaten/kota itu harus dapat mengevaluasi secara menyeluruh, baik aturan/kebijakan, sistem penanganan kasus hingga cakupan vaksinasinya.

“Hal ini diperlukan guna mengetahui penyebab terjadinya kenaikan kasus, serta untuk perbaikan penanganan ke depan,” tutur Mukhtarudin, Kamis, (18/11/2021).

Politisi Dapil Kalimantan Tengah ini juga meminta komitmen seluruh pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan sekaligus memperluas cakupan vaksinasinya, agar segera terbentuk kekebalan kelompok.

Mengingat, lanjut Mukhtarudin, kondisi kenaikan ini dibarengi dengan laju vaksinasi yag mengalami penurunan selama tujuh pekan terakhir, sehingga cakupan vaksin penting untuk dilaksanakan dalam menghadapi lonjakan kasus yang mulai terjadi.

“Saya kira semua pihak untuk tidak bersikap euforia dan mewaspadai peningkatan mobilitas yang terjadi sebagai dampak penurunan level PPKM di berbagai daerah, dengan tetap disiplin menerapkan prokes 5M dan membatasi aktivitas diluar rumah,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)