Kapolda Kalteng Tiba di Kobar, Disambut Prosesi Kesultanan Kutaringin

Man/BERITA SAMPIT : Acara penyambutan Kapolda Kalteng ke Polres Kobar, yang dihalaman Mapolres .

PANGERAN MUASDJIDINSYAH, bersama rombongan dari Kerajaan Istana Kuning Pangkalan Bun menyambut kedatangan Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto. Jumat, 19 November 2021.

Pantauan beritasampit.co.id, saat Kapolda Kalteng yang didampingi Istrinya tiba di halaman Mapolres, langsung disambut Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah.

“Siap Komandan penyambutan dalam 1 kali 24 Jam Aman,” kata Kapolres kepada Kapolda.

Kemudian Kapolda bersama Istrinya, setelah berjalan sekitar 7 langkah berhenti diatas permadani. Dan bunyi gamelan khas Kerajaan Istana Kuning mulai mengalun mengiringi tarian adat 6 putri cantik, menyambut Kapolda.

Setelah acara tarian adat usai, Kapolda kembali berjalan sekitar 3 langkah, menyaksikan 2 Pendekar yang menampilkan adegan silat. Setelah 2 pendekar bersilat menggunakan pedang, langsung membabat batang pohon pisang hingga roboh.

BACA JUGA:   Masyarakat Desa Amin Jaya Kecewa, Tak Dapat Bantuan Mobil Ambulans Dari PT. IT

Setelah batang pisang yang dipasang dipintu gerbang roboh, Kapolda bersama Istri masuk pintu gerbang tersebut langsung menuju Pangeran Muasdjidinsyah.

Acara inilah sebagai puncak acara yang cukup ‘syakral’, dimana saat Keris Pusaka yang dipegang Pangeran Muasdjidinsyah, ditempelkan ke bagian kepala dan kedua dagu tangan kanan dan kiri Kapolda dan Istrinya, kemudian Keris Pusaka tersebut dicium oleh Kapolda dan Istrinya.

Setelah Keris Pusaka disimpan diatas baki, kemudian Kapolda bersama Istri menjalani acara Tampung Tawar, seperti membasuh kedua telapak tangan oleh Pangeran, kemudian Kapolda bersama Istri dan mencicip ‘nasi kuning’, serta ditabur Beras dan bunga.

BACA JUGA:   Polisi Imbau Warga Kobar Hati-hati Modus Penipuan Online

Setelah semua acara ‘Tampung Tawar‘ dilaksanakan kemudian diakhir membaca do’a (Izab Kabhul) kepada Allah SWT dan acara penyambutan khusus Upacara Adat Istana Kuning, akhirnya selesai.

Kapolda bersama Istri dan rombongan, langsung menuju barisan khusus yang juga disambut 2 anak TK Bhayangkari Polres Kobar, yang menyerahkan bunga kepada Kapolda dan Istri.

Kemudian Kapolda dan Istri berjalan menuju arah pintu masuk Mapolres Kobar yang pagar puluhan personil Polres, dari Bromob dan Shabara sambil menyuarakan yel-yel moto Polri yang diwarnai lagu-lagu mars Polri, dengan gerakan tangan yang nampak kompak. Demikan, acara penyambutan pun selesai.

(man/beritasmpit.co.id).