Pebalap Jepang Taiyo Furusato Kunci Gelar Juara Asia Talent Cup di Mandalika

Sejumlah pembalap kelas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 memacu kecepatannya saat Race 1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat 19 November 2021. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

LOMBOK TENGAH – Pebalap Jepang Taiyo Furusato mengunci gelar juara Idemitsu Asia Talent Cup setelah memenangi balapan kedua seri ketiga musim ini di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, Sabtu 20 November 2021.

Furusato, yang mendominasi musim ini dengan menyapu bersih kemenangan di lima race sebelumnya, tiba di Race 2 babak ketiga di Sirkuit Mandalika dengan keunggulan 46 poin atas pebalap Malaysia Danial Sharil.

Balapan sempat ditunda beberapa menit karena kondisi cuaca sehingga dipangkas empat putaran menjadi 12 lap saja.

BACA JUGA:   Indonesia Boleh Pasang Atribut Merah Putih Dalam Kejuaraan Internasional meski Disanksi WADA

Furusato, yang bakal membalap di Moto3 tahun depan sebagai tandem pebalap Indonesia Mario Suryo Aji di Honda Team Asia, terlibat duel ketat dengan Sharil di lap terakhir memperebutkan posisi terdepan.

Sang pebalap Malaysia sempat mencuri posisi namun melebar sehingga Furusato dengan mudah merestorasi posisinya sebagai pimpinan lomba menuju tiga tikungan terakhir hingga finis pertama di depan Sharil.

BACA JUGA:   KONI Kotim Minta Design Logo Porkab Beda dengan Perhelatan Porprov

Gun Mie melengkapi podium di peringkat tiga, mengulangi formasi tiga pebalap yang naik podium balapan sebelumnya pada Jumat.

Dengan kemenangan itu, Furusato mengunci titel juara Asia Talent Cup musim ini, mengoleksi total 150 poin di saat Sharil terpaut 52 poin dengan dua balapan tersisa.

Dua balapan penutup musim juga akan digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika pada Sabtu sore ini dan Minggu siang.

(Antara)