Banjarmasin Siaga Hadapi Bencana Banjir

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengecek kesiapan sarana dan prasarana pendukung upaya penanggulangan bencana banjir dalam apel siaga banjir di Kota Banjarmasin, Senin 22 November 2021. (ANTARA/Humas Pemkot Banjarmasin)

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan siaga menghadapi kemungkinan terjadi bencana banjir di wilayahnya.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, mengatakan bahwa pemerintah kota sudah menetapkan status siaga darurat banjir, air pasang, dan puting beliung.

“Hari ini kita melaksanakan apel penanganan banjir, air pasang, dan puting beliung. Kita gerakkan seluruh potensi masyarakat, baik dari komunikasi, pemadam kebakaran, emergency (kedaruratan), dan juga dinas kesehatan, dinas perhubungan, dan Satpol PP,” kata H Ibnu Sina, dikutip dari Antara, Senin 22 November 2021.

BACA JUGA:   Pemprov Kalsel Gelorakan Gerakan Tiada Hari Tanpa Vaksinasi

Menurut dia, posko-posko penanggulangan bencana juga sudah dibentuk di setiap kecamatan, komando rayon militer, dan markas kepolisian.

“Sudah dibentuk, mudah-mudahan bisa menjadi pusat koordinasi kita semua. Posko induk ada di BPPD Kota Banjarmasin yang setiap saat aktif,” kata Ibnu Sina.

Di samping itu, ia mengatakan, pemerintah kota sudah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tanggap darurat bencana.

“Anggaran tanggap darurat sudah disiapkan, dan juga anggaran belanja tak terduga (BTT) yang setiap saat bisa dipakai. Anggaran BTT bisa dimanfaatkan untuk penanganan (bencana) asalkan ada penetapan status darurat bencana. Kita sudah tetapkan status darurat ini sejak 18 November,” katanya.

BACA JUGA:   Bantu Penanganan Covid-19 di Banjar, Belasan Calon Perawat Abdikan Diri Jadi Relawan

Hujan deras telah menyebabkan bencana banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk Hulu Sungai Tengah.

Kota Banjarmasin yang berada di muara Sungai Martapura dan berdekatan dengan laut juga berisiko menghadapi bencana banjir.

(Antara/BS-65)