Bupati Barsel Ingatkan Pejabat Baru Dilantik Soal Amanah

DEDDY/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri saat melakukan prosesi Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan Pejabat Eselon III, IV dan Pejabat Fungsional.

BUNTOK- Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri resmi melantik 44 orang pejabat eselon III, IV dan pejabat fungsional dilingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Barsel. Senin, 22 November 2021.

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik bahwa amanah jabatan yang diemban adalah sebagai kepercayaan yang diberikan pimpinan dan harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

Ia juga harus memaknai pelantikan ini sebagai hal yang biasa dalam suatu organisasi pemerintahan sebab rotasi, mutasi ataupun promosi suatu jabatan merupakan bagian dinamisasi, proses penyegaran serta penyesuaian kebutuhan organisasi.

“Saya ingatkan agar sesegera mungkin melakukan adaptasi terhadap tugas-tugas yang baru, berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik, mempelajari tugas pokok (tupoksi) yang baru,” Ucapnya.

Pada kesempatan ini lanjutnya, dampak pademi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia sejak tahun 2020 yang lalu menimbulkan imbas yang sangat luar biasa terhadap seluruh sektor kehidupan.

“Pada anggaran pemerintahan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17 Tahun 2021 Kabupaten Barsel mengalami pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp. 17 miliar dan kewajiban penanganan Covid-19 sebesar 8% dari DAU sebesar Rp. 41 Miliar lebih melalui Refocussing dan Realokasi Anggaran,”Ujarnya.

Kebijkan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat mempunyai konsekuensi terhadap rasionalisasi anggaran seluruh perangkat daerah kebijakan ini juga harus dimaknai dengan positif dan optimis bahwa penahanan Covid-19 menjadi prioritas utama seluruh elemen bangsa dan level pemerintahan dari pusat hingga daerah.

“Optimisme dan harapannya adalah, pademi Covid-19 ini segera bisa dikendalikan sehingga kita dapat beraktifitas kembali seperti biasa yakni dengan pola kehidupan yang baru, yang patuh dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes),”Terangnya.

Dirinya mengiatkan SOPD mengoptimalkan anggaran, yang telah dialokasikan baik pada tahun anggaran 2022 yang akan datang serta tetap konsisten dengan RPJMN, RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan RPJMD Kabupaten Barsel untuk mendukung kebijakan tersebut diperlukan komitmen kita bersama untuk melakukan penghematan terhadap anggaran.

“Untuk itu saya, akan memonitor dan memantau pelaksanaan penghematan anggaran ini. Sebab penahanan Covid-19, masih menjadi prioritas dengan mengedepankan pemulihan ekonomi dan vaksinasi,” jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala BKPSDM Barsel Eko Hermansyah mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan kali ini juga merupakan bagian penting seiring dengan akan dilaksanakannya penyetaraan jabatan.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) Nomor 17 Tahun 2021 tanggal 21 April 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi kedalam Jabatan Fungsional, penyetaraan jabatan dilaksanakan selambat-lambatnya bulan Desember 2021.

“Dengan demikian beberapa jabatan struktural (pengawas) akan hilang dan nantinya akan disetarakan kedalam Jabatan Fungsional Keahlian/Ahli Muda oleh karenanya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah menduduki Jabatan Pengawas dan bakalan terkena penyertaan jabatan,”Ungkapnya.

Oleh sebab itu kata Eko Hermansyah, kiranya harus sudah mulai mempersiapkan diri terutama mental jangan sampai ada pejabat pengawas yang nanti disetarakan jabatannya eolah bersikap seperti “fungsional rasa struktural”.

“Semoga ASN, yang telah diberikan amanah jabatan ini kiranya dapat lebih meningkatkan kinerjanya, mendorong bawahan untuk untuk dapat lebih produktif dan inovatif sehingga kinerja ornaginasi akan lebih meningkat pula,”Pungkas Eko Hermansyah

Adapun pejabat eselon III/a, eselon III/b, eselon IV/a, eselon IV/b dan pejabat fungsional tersebut yang dilantik berjumlah 44 orang yang diantaranya Ike Christina Dewi, SKM,M.Si jabatan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Adenan, SE.,M.A.P jabatan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans).

Hadir dalam pelantikan Pejabat Eselon III/a, Eselon III/b, Eselon IV/a, Eselon IV/b dan Pejabat Fungsional tersebut Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, Asisten III Setda Barsel Drs. Mirwansyah, MA, sejumlah Kepala SOPD Barsel diantaranya Plt Kepala BKPSDM Barsel Eko Hermansyah, S.STP,M.M serta tamu undangan yang lainnya.

(Ded/beritasampit.co.id)