Dewan Apresiasi Jaringan Listrik Masuk Desa

IST/BERITA SAMPIT : Anggota DPRD Kabupaten Barsel Hj. Rusinah Andelen.

BUNTOK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Hj Rusinah Andelen apresiasi masuknya, jaringan listrik dibeberapa wilayah desa yang ada daerah Kabupaten Barsel tahun 2021.

Rusinah Andelen mengatakan, adapun beberapa wilayah desa yang telah masuk jaringan listrik tersebut seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) III yakni Desa Patas II Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA).

“Sementara untuk beberapa desa yang berada diwilayah Kecamatan Dusun Utara (Dusut) yakni Desa Bantai Bambure, Tamparak Layung, Sungai Paken dan Desa Rampamea jaringan listrik yang sudah dibangun itu listriknya sudah bisa difungsikan oleh masyarakat,” katanya kepada beritasampit.co.id Senin 22 November 2021

BACA JUGA:   Saat Transaksi Sabu-Sabu, Warga Dusun Luwir Diringkus Polisi

Ada juga desa yang hingga saat ini belum dialiri listrik, seperti Desa Tabatan wilayah Kecamatan Jenamas, Desa Selat Baru dan Teluk Sampudau yang berada di wilayah Kecamatan Karau Kuala.

Sedangkan untuk wilayah desa yang terilosolir seperti, Desa Muara Ripung Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Desa Majundre dan Maruga kecamatan Dusut, Desa Lehai dan Sungai Jaya Kecamatan Dusun Hilir (Dushil) diharapkan juga nantinya.

“Bisa dipasang jaringan listrik atau dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat bagi desa-desa yang masih terisolir,”Jelasnya.

BACA JUGA:   Dishub Barsel Akan Tindak Tegas Travel Liar

Politis Partai Nasdem Barsel ini menambahkan, terkait akan hal tersebut kepada instansi terkait diharapkan mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng). Sehingga desa yang belum ada jaringan listrik, dapat dibangun jaringan listrik atau setidaknya dibangun PLTS terpusat bagi desa yang terisoli.

“Hal tersebut tentunya, sangat diperlukan masyarakat desa yang belum memiliki penerangan sebab dengan adanya penerangan baik dengan adanya jaringan listrik maupun dibangunnya PLTS akan sangat membantu sekali akifitas sehari-hari,”Pungkas Rusinah Andelen.

(Ded/beritasampit.co.id)