Dinas Pendidikan Kembali Cek Masalah dan Kendala PAUD di Kotim

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Foto bersama pendamping penataan mutu PAUD dan Diknas dan 9 Kepala Satuan PAUD Mentawa Baru Ketapang.

SAMPIT – Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas, Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali melakukan pendampingan dan supervisi 9 Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas Mentawa Baru Ketapang, Senin 22 November 2021.

Kegiatan ini didampingi oleh Lia Agustina, dari Kelompok Kerja (Pokja) Kotim. Dia menjelaskan pendampingan dan supervisi penataan mutu lembaga satuan PAUD dan Dikmas untuk memperoleh data mengenai kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada pengelolaan program PAUD dan Dikmas.

“Ini adalah rangkaian kegiatan yang merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya, pendampingan dari supervisi 9 Kepala PAUD dan mengecek permasalahan atau kendala yang dihadapi Satuan Pendidikan dalam memahami tiap butir instrumen yang diberikan pada saat pemetaan mutu yang dilakukan sebelumnya,” kata Lia Agustina.

Selain itu, Kasi Peserta Didik PAUD dan PNF Disdik Kotim Akbar menjelaskan, kegiatan pendampingan supervisi sebagai pengendalian mutu satuan PAUD dan Dikmas yang ada di Kotim.

“Supervisi ini bertujuan sebagai quality control bagi setiap satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Dengan demikian penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dapat terjamin,” kata Akbar.

Sementara itu, selaku peserta, Kepala TK Cita Bunda Lini juga menyampaikan, kegiatan pendampingan supervisi penataan mutu langsung dari Pokja perwakilan Disdik Kotim untuk mempersiapkan akreditasi yang maksimal kedepannya.

“Jadi materi yang kami terima penataan mutu dengan harapan saat akreditasi nanti lembaga PAUD dimudahkan untuk memahami standar yang dibuat oleh pusat, apa saja yang dipersiapkan dan dilampirkan pada saat akreditasi, maksimal baik B atau A itu harapannya dari Dinas Pendidikan,” ujarnya.

“Kegiatan pendampingan ini dilakukan semua satuan PAUD di Kotim secara bertahap, di tempat lain juga seperti itu secara bergantian karena ini pandemi, jadi dilakukan secara bergantian,” jelasnya.

Adapun daftar 9 Kepala Satuan PAUD Mentawa Baru Ketapang Kotim yang dilibatkan dalam kegiatan pendampingan supervisi pemetaan mutu yang dilaksanakan di Aula TK Cita Bunda, yaitu: KB. Teratu, TK Cita Bunda, TK Fijar, TK Ibnu Saleh, TK Idhata, TK Islam Terpadu Ar rayyan, TK Kartika XVII-22, TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit, TK Kharisma. (Aib/beritasampit.co.id).