Eddy Raya : Rasionalisasi Anggaran Dimaknai dengan Positif

DEDDY/BERITA SAMPIT : Bupati Barito Selatan H. Eddy Raya Samsuri,ST.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri, menegasakan kebijakan akan rasionalisasi anggaran bagi seluruh perangkat daerah yang ada didaerah ini harus dimaknai dengan positif serta optimis.

Kebijakan rasionalisasi tersebut adalah untuk penanganan pademi Covid-19 dan juga menjadi prioritas utama seluruh elemen bangsa serta level pemerintah baik ditingkat pusat hingga daerah.

Dikatakan Eddy Raya Samsuri, pademi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret 2020 yang lalu membuat anggaran difocuskan untuk pengananan pademi yang hingga saat ini masih belum sirna.

“Tidak hanya kucuran dana dari pemerintah pusat yang berkurang drastis namun Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga merosot imbas lesunya perekonomian,”Katanya. Selasa, 23 Nopember 2021.

BACA JUGA:   Banjir di Bukit Rawi Berdampak Besar untuk Masyarakat Barito Selatan

Menurutnya, oleh sebab itu kepada seluruh kepala perangkat daerah beserta jajarannya diharapkan supaya melakukan koordinasi dan konsolidasi internal sehingga akan mampu menghasilkan program dan kegiatan.

“Yang paling prioritas, dengan mengoptimalkan anggaran yang telah dialokasikan tersebut,”Jelasnya.

Orang nomor satu di Barsel ini menuturkan, penggunaan anggaran tahun 2021 dan 2022 mendatang harus konsisten dengan RPJMN, RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan RPJMD Kbupaten Barsel dalam mendukung kebijakan tersebut.

“Untuk mendukung kebijakn itu, juga diperlukan komitmen kita bersama melakukan penghematan anggaran,”Ungkapnya.

BACA JUGA:   SPBU di Kota Buntok Kehabisan Stok BBM, Harga Eceran Melabung Tinggi

Ditambahkannya, sesuai peraturan Menteri Keuangan Nomor 17 Tahun 2021 Kabupaten Barsel mengalami pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp.17 Miliar lebih begitu juga dengan refocussing dan realokasi anggaran DAU sebesar Rp. 41 Miliar lebih sebagai kewajiban untuk penanganan pademi Covid-19 sebesar 8 persen.

Kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat tersebut, mempunyai konsekuensi terhadap rasionalisasi anggaran seluruh perangkat daerah untuk itu. Saya akan, memonitor dan memantau pelaksanaan penghematan anggaran ini.

“Karena penanganan pademi Covid-19, masih menjadi prioritas dengan mengedepankan pemulihan ekonomi dan vaksinasi,”Tandas Eddy Raya Samsuri.

(Ded/beritasampit.co.id)