Pemkab Kobar Susun Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2023 – 2026

Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyusun arah kebijakan pembangunan tahun 2023-2026. Arah kebijakan pembangunan ini disusun melalui kegiatan Orientasi Rencana Pembangunan Daerah (ORPD) yang dilaksanakan pada Rabu, 23 Nopember 2021.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor BAPPEDA ini dipimpin langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah dan diikuti oleh seluruh organisasi  perangkat daerah baik  secara luring dan daring.

Penyusunan rencana pembangunan ini sesuai arahan presiden RI dalam Sidang Kabinet Paripurna RPJMN 2020-2024 sekaligus Rancangan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Dalam Inmendagri tersebut disebutkan setiap pemerintah daerah agar menyusun dokumen Perencanaan Pembangunan Menengah Daerah tahun 2023-2026 yang selanjutnya disebut Rencana Pembangunan Daerah (RPD) kabupaten tahun 2023-2026.

BACA JUGA:   Hati-Hati Jalan di Sekitar Perkebunan Sawit, Banyak Ular Cobra

Bupati Hj. Nurhidayah mengatakan berdasarkan RPJMD Kobar tahun 2006-2025 terdapat sejumlah permasalahan yang mendesak untuk ditangani pada periode 2023-2026.

Beberapa permasalahan tersebut diantaranya struktur perekonomian daerah kontribusi perekonomian yang masih didominasi oleh sektor pertanian.

Dirinya meyakini daerah yang maju pada umumnya daerah yang struktur perekonomiannya memiliki perkembangan relatif seimbang antara sektor pertanian, industri, perdagangan, dan jasa-jasa.

Berangkat dari permasalahan daerah tersebut maka ditetapkanlah visi dan misi pembangunan Kobar periode 2023-2026, kata Nurhidayah.

Adapun rancangan visi daerah yakni Kotawaringin Barat yang aman, maju dan sejahtera, mandiri, demokratis dan berkeadilan.

Nurhidayah menambahkan misi penyelarasan yang ditetapkan adalah mewujudkan pertanian dalam arti luas yang berorientasi agribisnis untuk pengembangan agroindustri dan ketahanan pangan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:   Tingkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Prajurit, Lanud Iskandar Laksanakan Latihan Tembak

Lalu, mempercepat kecukupan infrastruktur secara integratif dan komprehensif dalam pembangunan daerah.

Dengan memperhatikan fungsi sumber daya alam dan lingkungan hidup, mewujudkan masyarakat Kobar yang aman dan demokratis melalui kemitraan antara pemerintah daerah dan masyarakat, terang Nurhidayah.

Mewujudkan tata pemerintahan yang baik, dan mewujudkan masyarakat berkualitas, melalui pendidikan, kesehatan, serta penguatan ketenagakerjaan, keluarga, pemuda dan olahraga.

“Adapun tema pembangunan kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2023 yaitu  akselerasi ekonomi dan sumberdaya lokal disertai peningkatan sdm menuju kotawaringin barat sejahtera dan mandiri. Dengan memprioritaskan pembangunan di bidang pariwisata, pertanian dan infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan publik,” papar Hj.Nurhidayah.

(man/beritasampit.co.id).