Mukhtarudin Ungkap 3 Penyebab Banjir Kalimantan

Ilustrasi_Kang Maman Wiharja.

JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar H. Mukhtarudin menyebutkan, bahwa ada tiga poin penting yang menjadi perhatian bersama tentang penyebab terjadinya banjir di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketiga pangkal yang menjadi penyebab terjadinya banjir di Kalimantan, khususnya Kalteng karena faktor cuaca dimana saat ini sedang terjadi La Nina. Saat ini juga terjadi anomali cuaca karena adanya perubahan iklim akibat pemanasan global, kemudian tutupan kawasan hutan atau daerah resapan di Kalimantan, khususnya Kalteng mulai menipis. Itu terutama yang berada di hulu sungai-sungai yang ada.

“Saat ini wilayah Indonesia sedang terjadi La Nina sehingga mengakibatkan curah hujan cukup tinggi di Indonesia, termasuk di Kalteng. Ini poin pertama yang menyebabkan banjir di Kalteng,” kata Mukhtarudin, Rabu 24 November 2021.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Desak Dirut PHE Bekerja Maksimal Tingkatkan lifting Migas Nasional

Dia mengatakan, penyebab banjir yang kedua di Indonesia termasuk Kalteng adalah menipisnya tutupan hutan atau daerah resapan.

“Tutupan hutan kita sangat berkurang, daerah resapan atau buffer zone banyak yang rusak, khususnya di daerah hulu sungai-sungai yang ada di Kalimantan, termasuk sungai di Kalteng. Ini terjadi, karena dampak pembangunan yang lebih mengedepankan pertimbangan ekonomi ketimbang pertimbangan ekosistem atau lingkungan dan ekologi,” ujarnya.

Mukhtarudin menegaskan, banjir yang saat ini terjadi di Kalteng, hingga terjadi dua kali dalam setahun merupakan dampak pembangunan yang hanya berorientasi pada ekonomi.

“Banjir ini akibat dari pada dampak pembangunan yang berorientasi hanya pada pembangunan ekonomi, tetapi mengabaikan prinsip-prinsip keseimbangan tentang lingkungan. Sebab itu, ini harus menjadi evaluasi bersama agar lebih bijak dalam membangun Indonesia, sehingga perlu menjaga keseimbangan terhadap daya dukung lingkungan dengan pertimbangan ekonomi,” tegasnya.

BACA JUGA:   Generasi Muda Harus Siap Meng-Upgrade Skill yang Relevan Wujudkan Indonesia Emas 2045

Menurut Dia, penyebab ketiga terjadi bencana banjir akibat perubahan iklim secara global. Perubahan iklim ini terjadi akibat pemanasan global dan ini juga harus menjadi perhatian dunia dan semua pihak, sehingga kedepan dapat dilakukan upaya perbaikan lingkungan.

“Target pengurangan efek rumah kaca dan emisi menjadi pekerjaan bersama seluruh stakeholder. Spirit ini tentu menjadi spirit Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Glasgow beberapa waktu lalu. Jadi inilah yang menjadi catatan kita, sehingga kedepan kita dapat melakukan perbaikan secara berangsur-angsur terhadap lingkungan. Dengan demikian, kita bisa meminimalkan dampak perubahan iklim terhadap ekosistem,” tutup Mukhtarudin. (Man/beritasampit.co.id).