OFI Akan Kembali Gelar Kampanye Orang utan

MAN/BERITA SAMPIT - Dokumen kegiatan Pawai Kampanye Orang utan pada 3 November 2019 lalu di Kota Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Habitat Orang utan di hutan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan salah satu Ikon Wisata Dunia yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah.

Setelah beberapa bulan lokasi TNTP ditutup karena pandemi Covid-19, kini sejak 1 September 2021 lokasi TNTP yang menjadi magnet para Turis Manca Negara, kembali dibuka. Namun dengan syarat, semua pengunjung harus mentaati ketentuan protokol kesehatan.

Orang utan Foundation Indonesia (OFI) juga akan kembali menggelar Kampanye Orang utan dengan mentaati protokol kesehatan pada Jumat, 26 November 2021.

“Semua persiapan untuk kampanye sudah mantap dilaksanakan, tinggal menunggu pelaksanaannya,” kata Dorprawati Siburian, SH pengelola Kampanye Orang utan dari OFI.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

Menurut Dorprawati, kegiatan Kampanye Orang utan tahun 2021 ini yang ke 4 kali (2018-2021), masih dalam rangka “Hari Pohon Sedunia” 2021, dengan Slogan “Selamat Hari Pohon Sedunia 2021” dan Tema “Lestarikan Pohon, Alam Semakin Sehat”. Semua peserta wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti pakai masker dan jaga jarak, tidak berkerumun.

“Adapun kegiatan kampanye Orang utan difokuskan dengan gerakan menanam 1000 bibit pohon Bungur, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran dan fungsi bahwa pohon itu merupakan paru-paru dunia, sebagai penyangga alam dan penghijauan lingkungan,” jelas Dorprawati.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

Kegiatan penanaman 1000 bibit pohon Bungur akan dilaksanakan di Jalan H. Ahmad Saleh arah menuju Trans Kalimantan Tengah bagian Barat, yakni Jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama.

“Karena di sepanjang pinggiran jalan Pangkalan Bun-Kolam belum banyak ditanam bibit pohon, maka dengan kegiatan nanti dengan serentak akan ditanami bibit pohon Bungur, yang kelak kedepannya pinggiran Jalan Pangkalan Bun-Kolam menjadi hijau dan teduh,” kata Dorprawati.

Dalam acara Kampanye Orang utan, selain akan mengundang Bupati Kobar Hj. Nurhidayah dan Unsur Forkopimda Kabupaten Kobar, juga sedikitnya 20 lembaga pemerintahan dan lembaga lainnya telah diundang untuk memeriahkan kegiatan tersebut. (Man/beritasampit.co.id).