BINDA Kalsel Kembali Gelar Vaksinasi Untuk Santri

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan vaksinasi yang digelar Binda Kalsel.

AMUNTAI – Sebagai salah satu leading sektor penanganan Covid-19 dan juga untuk mempercepat pencapaian vaksinasi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalsel terus bergerak dan menerima penambahan jumlah calon penerima vaksin dari pihak sekolah dan pondok pesantren.

Kepala BINDA Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto Sutikno melalui Kaposda BIN Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Purnomo di Amuntai, Rabu 23 November 2021 mengatakan, semula hanya diusulkan beberapa santri namun beberapa jam dan hari setelahnya jumlah santri yang ingin divaksin terus bertambah.

“Kita terus berkomunikasi dengan pihak sekolah atau pondok pesantren terkait data jumlah penerima vaksin di kalangan siswa atau santri dan kecenderungannya selalu bertambah jumlahnya bahkan menjelang pelaksanaan vaksin diadakan,” beber Purnomo.

Purnomo menyambut gembira antusias kalangan pelajar dan santri yang ingin di vaksin, ia optimis target yang ditetapkan di akhir 2021 sebanyak 90.883 dosis dari total sasaran di Kalsel sebanyak 3.161.137 orang.

“Saat ini hasilnya luar biasa karena yang sudah dilakukan vaksinasi sasarannya sudah mengantuk 58.183 dosis,” ungkapnya.

Seperti pada pelaksanaan Vaksinasi di Pondok Pesantren (Pontren) Nurul Mutaqien Desa Sungai Karias Kecamatan Amuntai Tengah dan Pontren Raudatul Amin Desa Teluk Baru Kecamatan Amuntai Selatan jumlah penerima vaksin melebihi target semula.

“Untuk Pesantren Raudatul Amin semula ditargetkan hanya 150 santri, ternyata jelang pelaksanaan hari ini (Senin,22/11) melonjak sebanyak 171 orang,” terang Purnomo.

Demikian pula, target vaksin di Pontren Nurul Mutaqien semula hanya 100 santri, jelang pelaksanaan bertambah pendaftaran baru sebanyak 40 santri, sehingga total 140 orang.

“Kita berikan vaksin jenis Pfizer dengan keefektivitasan mencapai 97 persen,” katanya.

Ia berharap untuk kegiatan vaksin selanjutnya santri yang belum bisa menjalani vaksinasi bisa mendaftarkan diri, sehingga harapannya bisa terbentuk kekebalan kelompok (Here Immunity) di pontren bersangkutan.

Sebelumnya, BIN Kalsel telah melaksanakan kegiatan vaksinasi door to door di Kabupaten HSU dengan sasaran keluarga kurang mampu dan lanjut usia untuk mempermudah mereka mendapatkan layanan vaksin.

Ketua pengurus Pontren Nurul Mutaqien berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN pusat dan Kalsel atas bantuan Vaksinasi COVID-19 dengan harapan Pembelajaran Tatap Muka bisa tercapai seterusnya.

“Kami ucapkan juga terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan tenaga kesehatan dari Puskesmas,” tutup Jendral bintang satu ini. (Mery/beritasampit.co.id).