Bupati Kotim Imbau ASN Bantu Cegah Lonjakan COVID-19

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. ANTARA/Norjani;

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor, mengimbau kalangan aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu membantu upaya mencegah lonjakan kasus COVID-19 yang dinilai rawan terjadi pada musim libur akhir tahun ini.

Menurut dia, penularan COVID-19 harus tetap diwaspadai karena pandemi ini belum berakhir. Masih adanya kasus COVID-19 saat ini menunjukkan bahwa potensi penularan virus mematikan itu masih rawan terjadi.

Meski hampir sebulan, Kotawaringin Timur tidak ada kasus COVID-19, namun sepekan terakhir kasus itu kembali muncul dan saat ini ada satu penderita COVID-19 yang sedang dalam penyembuhan.

“Pemerintah meniadakan cuti dengan tujuan membatasi mobilitas. Ini upaya pemerintah mencegah kembali melonjaknya kasus COVID-19. Nanti ada edaran resmi dari pemerintah daerah terkait peniadaan cuti tersebut, mohon kalangan ASN bisa mengerti dan memberikan dukungan,” kata Halikinnor, dikutip dari Antara, Kamis 25 November 2021.

Untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga peningkatan kasus COVID-19, Halikinnor meminta masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Secara khusus, dia meminta seluruh ASN membantu upaya pencegahan ini dengan cara tidak melakukan perjalanan dan mencegah terjadinya kerumunan saat musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Masyarakat diingatkan tidak mengabaikan protokol kesehatan karena rawan terjadi penularan.

ASN juga diharapkan memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam melaksanakan pencegahan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai aturan.

“Pemerintah berusaha mencegah mobilisasi dan kerumunan, makanya tidak ada cuti. Ini upaya mencegah terjadi penularan saat musim libur Natal dan Tahun Baru nanti,” kata Halikinnor.

(Ant/BS-65/beritasampit.co.id)

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. ANTARA/Norjani;